Nyala OCBC NISP Luncurkan Solusi Financial Fitness

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 19 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
34.226 365 31.834 747
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Nyala OCBC NISP Luncurkan Solusi Financial Fitness

Selasa, 16 Maret 2021 | 20:02 WIB Last Updated 2021-03-16T13:02:01Z
Financial Fitness Nyala OCBC NISP Launch bersama Direktur OCBC NISP, Ka Jit dan Financial Fitness Director Nyala OCBC NISP, Deddy Corbuzier, Senin 15 Maret 2021.

MJNews.id - Bank OCBC NISP selalu percaya masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda telah memiliki semangat Tidak Ada yang Tidak Bisa (#TAYTB) di dalam dirinya.


Keyakinan ini mendorong OCBC NISP untuk terus berusaha menghadirkan berbagai inovasi guna mewujudkan generasi Indonesia yang memiliki kondisi finansial yang fit (Financially Fit).


Mencapai tujuan tersebut, terdapat permasalahan umum tentang finansial yang terlebih dahulu harus dibenahi. Salah satunya adalah mindset generasi yang mengejar ‘ingin kaya’ namun sayangnya tidak diikuti dengan pengetahuan yang tepat tentang tujuan, proses serta tahapan mencapainya.


Untuk itu, OCBC NISP meluncurkan solusi Financial Fitness by NYALAOCBC NISP guna memberdayakan generasi Indonesia agar memiliki kondisi financially fit, menggeser mindset dari getting rich menjadi getting fit. Karena menjadi kaya (rich) itu relatif atau tidak bisa diukur. 


Sedangkan menjadi seseorang yang memiliki kondisi financially fit itu ada pengukurannya, mulai dari tabungan, dana darurat, proteksi sampai dengan investasi. 


Solusi Finansial Fitness ini lebih dari sekedar produk keuangan, ini merupakan solusi terintegrasi yang menghadirkan program pendampingan mulai dari Nyala Financial Fitness Squad, Komunitas Ruang meNYALA, platform edukasi https://ruangmenyala.com dan Ruang MeNYALA Financial Fitness Gym. 


“OCBC NISP menyadari membangun generasi financially fit diperlukan langkah besar. Mulai dari meningkatkan pemahaman dasar finansial knowledge), memperbaiki kebiasaan manajemen keuangan yang salah (behaviour) dan meluruskan mindset terkait finansial yang keliru agar mereka dapat mengambil keputusan keuangan yang tepat (attitude)”, ujar Direktur Bank OCBC NISP, Ka Jit. 


Ka Jit menambahkan, OCBC NISP terus berinovasi menghadirkan solusi literasi keuangan yang dapat diterima baik generasi Indonesia. 


"Di antaranya sejak 2019 lalu, kami berinovasi mengadakan festival finansial pertama di Indonesia, #TAYTBFest dan #SAVE20 by Nyala, yakni gerakan yang mengajak masyarakat menabung dan berinvestasi mulai dari Rp20 ribu. Khusus 2021 bertepatan dengan usia OCBC NISP yang ke-80 tahun, OCBC NISP hadirkan solusi Financial Fitness sebagai solusi komprehensif dan masif guna membantu pemerintah membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada 2045," ucapnya. 


Lebih lanjut dijelaskannya ada tiga permasalahan keuangan yakni pengetahuan, kebiasaan dan mindset. 


Berdasarkan Survei Indeks Literasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan, masyarakat Indonesia masih memiliki tingkat literasi keuangan yang rendah,dengan indeks literasi 38,03 persen dari total populasi. 


Dengan demikian ada tiga permasalahan finansial yang perlu dibenahi agar menjadikan masyarakat yang financially fit. Yakni pengetahuan, pemahaman yang kurang terkait konsep dasar finansial menyebabkan banyak masyarakat mengambil keputusan finansial yang kurang tepat. Misalnya investasi mengikuti tren tanpa punya pemahaman dasar, pemahamankapan waktu yang tepat untuk mempersiapkan dana darurat, proteksi atau investasi. 


Kemudian, kebiasaaan manajemen finansial yang kurang tepat dan terbawa lifestyle kekinian. Misalnya tergoda ajakan diskon, membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan dengan cara kredit. 


Terakhir katanya, Mindset. "Mindset keuangan yang kurang tepat, misalnya perencanaan keuangan itu cuma buat orang kaya, karena biaya konsultasinya itu mahal atauperencanaan keuangan itu sulit, bahkan menganggap pendapatannya tidak bisa disisihkan untuk tabungan/investasi," jelasnya.

 

Lebih Dari Sekedar Produk Keuangan

Bank OCBC NISP fokus mengedukasi, mengarahkan, mendukung dan membentuk kebiasaan keuangan yang baik. Hal ini dilakukan dengan menghadirkan NYALA Financial Fitness Squads.


Seperti layaknya program kebugaran, NYALA Financial Fitness Squad akan memberikan bimbingan dan motivasi untuk memiliki kebiasaan finansial yang baik. Dengan membangun daya tahan keuangan (endurance) melalui tabungan berjangka dengan bunga maksimal, memperkuat otot finansial (strength) dengan investasi mulai Rp20.000 perhari, serta lincah mengatur keuangan (agility) dengan bebas biaya transaksi dan admin serta dana darurat yang selalu terjaga. 


Bank OCBC NISP menggandeng Deddy Corbuzier sebagai Financial Fitness Director NYALA OCBC NISPyang akan berperan sebagai financial coach, bersama lebih dari delapan ahli di bidang finansial.


Komunitas Ruang meNYALA. Itu adalah wadah saling berbagi dan mendukung, menuju masyarakat yang financially fit. Melalui Komunitas Ruang meNYALA, OCBC NISP berkolaborasi dengan berbagai komunitas, menyediakan kelas edukasi dengan narasumber ahli membahas isu finansial yang sedang hangat. Platform edukasi Ruang meNYALA (https://ruangmenyala.com). Di sana menyediakan platform yang akan menyediakan informasi dan pembelajaran finansial. Mulai dari format self-learning (modul yang disiapkan) dan akan dilanjutkan dengan kelas pembelajaran bersama. 


Financial Fitness Check Up, membantu masyarakat melakukan pengecekan dan evaluasi kondisi finansial mereka. Hal ini akan membantu masyarakat mulai merencanakan keuangan dengan lebih baik.


"Dalam waktu dekat, Bank OCBC NISP akan menghadirkan inovasi sebuah tempat melatih kekuatan keuangan, dengan berbagai fasilitas penunjang, termasuk fasilitas Financial Fitness Tracker untuk mengetahui kadar kesehatan finansial," ucapnya.


Sebagai Financial Fitness Director NYALAOCBC NISP, Deddy Corbuzier sangat mengapresiasi Bank OCBC NISP yang segera mengambil tindakan nyata dalam mendorong generasi Indonesia lebih melek keuangan dengan fokus kepada getting fit before getting rich. 


"Bersama Financial Fitness Squad, saya mengajak generasi Indonesia sadar akan pentingnya menjadi financially fit. Sama seperti program kebugaran fisik, bugar secara finansial juga membutuhkan disiplin, komitmen dan persistensi dalam berjuang mengubah cara kita mengelola keuangan yang didukung dengan latihan, general check-up, serta bimbingan dari coach/trainer," ucapnya.


Ia berharap Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP ini bisa merangkul masyarakat, khususnya generasi muda, menjadikan mereka financially fit. Ini bukan sekadar inisiatif bisnis, melainkan komitmen kami menjalankan responsible banking untuk mengajak masyarakat berdaya secara finansial. 


(***)


loading...



×
Berita Terbaru Update