Pekan Ini Dana Nagari Solok Selatan Cair

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 19 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
34.226 365 31.834 747
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Pekan Ini Dana Nagari Solok Selatan Cair

Selasa, 09 Maret 2021 | 13:05 WIB Last Updated 2021-03-09T19:06:32Z
Sekretaris BPKD Solok Selatan, Marfiandi Arief.

MJNews.id - Hingga saat ini seluruh nagari di Solok Selatan belum memperoleh anggaran pemerintahan nagari tahun 2021, baik Dana Desa (DD) dari Pusat maupun dana ADD yang dari APBD Solsel.


"Sudah memasuki bulan ketiga, belum juga masuk dana untuk nagari yang bisa digunakan untuk kegiatan maupun untuk pembayaran honor perangkat nagari," kata Pepi Suhendra, Jumat (5/3/2021).


Bahkan beberapa walinagari lain juga mengungkap hal yang sama. Mereka sangat sayangkan keterlambatan masuknya dana untuk nagari, baik dana DD maupun ADD dari pejabat pengelola keuangan nagari di Kabupaten.


"Jangankan untuk melaksanakan kegiatan yang sudah di program dalam APB Nagari, honor untuk keberlansungan hidup perangkat saja sudah tiga bulan belum terbayarkan," kata Pepi.


Padahal, sesuai aturan, walinagari sudah jauh hari menyiapkan dan telah menyerahkan APB-Nagari pada pejabat di Dinsos, PMD/N Solsel.


Walinagari Pasir Talang, Nopi Wandra juga mengungkapkan hal yang sama. Hingga kini, katanya, dana Nagari belum ada yang masuk sehingga beberapa kegiatan di nagari ada yang belum bisa terlaksana dengan cepat.


"Termasuk untuk pengalokasian dana untuk BLT Covid. Selain dana belum masuk, pihaknya juga masih menunggu regulasi Pemkab Solsel terkait pencairan dan penyalurannya," jelas Nopi, Senin (8/3/2021).


Sementara itu, Kabid Pemnag Dinsos, PMD/N Solsel, Azwar, didampingi Kasi Pelaporan Evaluasi Keuangan dan Aset Nagari Bidang Pemnag, Aribel mengatakan, masalah keterlambatan dana nagari itu dikarenakan ada beberaoa regulasi yang harus diterbitkan pemerintah kabupaten.


Selain itu, pengurusan regulasi terkait Perbup untuk pencairan dana DD maupun ADD saat ini sudah sepenuhnya diserahkan ke BPKD. "Jadi, sebaiknya ditanyakan ke instansi tersebut," tambah Azwar.


Sementara itu, Sekretaris BPKD, Marfiandi Arief menjelaskan, regulasi terkait pencairan dana untuk Nagari itu tinggal menunggu tanda tangan Setda saja lagi. Insya Allah dalam minggu ini, sudah selesai.


"Saat ini, kami sedang menunggu tanda tangan Pak Sekda. Dalam pekan ini sudah bisa selesai," kata Marfiandi Arief.


(abg/ems)


loading...



×
Berita Terbaru Update