Pembacaan Puisi Virtual Dua Penyair di Kaba dari Nan Jombang

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 19 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
34.226 365 31.834 747
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Pembacaan Puisi Virtual Dua Penyair di Kaba dari Nan Jombang

Jumat, 26 Maret 2021 | 10:25 WIB Last Updated 2021-03-27T12:54:21Z
Penyair Syarifuddin Arifin saat sedang membacakan karyanya pada acara virtual Kaba dari Nan Jombang yang streaming di kanal Youtube, Rabu 24 Maret 2021 malam. (ist)

MJNews.id - Seorang penyair membacakan puisinya dengan lantang dan bersemangat. Di beberapa bagian juga terdengar sayup-sayup alat musik tradisional Minang menemani suaranya.


Penyair itu, Syafruddin Arifin, lalu membacakan satu persatu karyanya. Ada yang dibuat pada 2014, judulnya Dari Pesta Tabut. Di sini, saking semangatnya, Arifin sampai berjingkrak-jingkrak sambil bersorak berulang kali, "Hoyak hosen! Hoyak hosen!"


Pertunjukan itu tanpa penonton langsung, karena cuplikan pembacaan puisi itu ditayangkan streaming perdana di kanal Youtube Indonesia Kaya, Rabu (24/3).


Memulai puisi selanjutnya, si penyair gaek ini juga mengatakan kalau di saat pandemi ini dia jadi lebih produktif berkarya.


"Ada beberapa sajak baru yang ditulis saat pandemi. Dengan menangkap idiom-idiom baru," ungkapnya.


Dia pun kemudian membacakan sajak barunya yang dibuat di Padang pada 2020, judulnya 'Istana Ketirisan'.


Dalam puisinya, Syafruddin berpesan, walau Corona melanda, tapi silaturahmi kita jangan jadi gamang.


Selain Syafruddin, ada satu lagi penyair yang membacakan karyanya yang cukup panjang berjudul 'Suara Anak Perca'. Dia adalah Hermawan.


Di awal penampilan, Hermawan mulai membacakan puisinya yang berisi kritik sosial, yang kemudian juga berisi pesan kepada generasi muda. Dia pun juga menyinggung soal bencana kabut asap hingga pandemi yang masih terjadi sampai saat ini.


Diketahui, acara ini berjudul 'Ziarah Karyawan Nusantara' yang merupakan bagian dari Festival Kaba dari Nan Jombang yang diinisiasi kelompok tari Nan Jombang Company.


Direktur Kaba dari Nan Jombang, Angga Djamar mengatakan kalau syuting untuk pertunjukan pembacaan puisi ini dilakukan pada Desember 2020 lalu. Menurutnya, festival yang dia garap yang biasanya ditonton langsung oleh masyarakat yang datang ke Ladang Tari nan Jombang, namun karena pandemi, kegiatan pun mau tak mau digelar secara virtual.


(why/eds)


loading...



×
Berita Terbaru Update