Pemkab Tanah Datar Usung 10 Program Unggulan

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 17 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
33.933 375 31.678 741
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Pemkab Tanah Datar Usung 10 Program Unggulan

Selasa, 09 Maret 2021 | 00:25 WIB Last Updated 2021-03-08T20:36:43Z
Bupati Eka Putra menghadiri Musrenbang Kecamatan Salimpaung.


MJNews.id
- Pemkab Tanah Datar di bawah pimpinan Bupati Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian mengusung sepuluh program unggulan. Visi dan misi itu dirumuskan ke dalam enam poin pokok.


Demikian dikatakan Bupati Eka dan Wakil Bupati Richi, Senin (8/3/2021), saat memberi sambutan, secara terpisah, pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Lima Kaum dan Kecamatan Salimpaung.


“Ada enam misi yang kini sedang dilakukan pembahasan, yakni meningkatkan kehidupan beragama, beradat, dan berbudaya; meningkatkan ekonomi masyarakat dan perluasan lapangan kerja berbasis pertanian, industri, dan UMKM; meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing,” katanya.


Seterusnya, pembangunan pariwisata berkelanjutan yang berbasis adat, budaya, dan sumber daya alam; mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, efektif, dan efisien; serta meningkatkan pembangunan infrastruktur dan lingkungan hidup yang berkelanjutan.


Dikatakan, saat ini perekonomian berada dalam masa sulit. Bahkan pada 2020 tercatat secara nasional anjlok hingga minus 1,13 persen. Dana Alokasi Umum (DAU), ucapnya, mengalami pemotongan karena refocussing APBN untuk menangani musibah nonalam yang dikenal pandemi Covid-19.


Kendati demikian, Eka Richi menegaskan, program pembangunan harus tetap berlangsung, berdasarkan pada skala prioritas dan mengutamakan prinsip-prinsip efektif, efisien, dan akuntabel. Kesemua itu, imbuhnya, diarahkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Tanah Datar.


Ketua Tim Pembina Musrenbang Nuryeddisman menjelaskan, Musrenbang merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan, sejak dari tingkat nagari hingga kecamatan dan kabupaten, lalu berlanjut ke provinsi dan nasional. Dengan demikian, sebutnya, pemerintahan nagari hingga tingkat kecamatan dan kabupaten, tidak boleh bosan mengajukan rencana pembangunan, hingga kemudian dapat direalisasikan.


Musrenbang untuk tahun 2022 ini, kata Nuryeddisman yang juga merupakan staf ahli bupati itu, tema yang diusung adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan kualitas SDM, infrastruktur dan daya saing produk unggulan daerah.


"Ini sesuai dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati kita," katanya.


(mus/ben)


loading...



×
Berita Terbaru Update