Pemko Solok Terima Sertifikat Kapabilitas APIP Level

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 17 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
33.933 375 31.678 741
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Pemko Solok Terima Sertifikat Kapabilitas APIP Level

Kamis, 11 Maret 2021 | 05:25 WIB Last Updated 2021-03-11T23:00:01Z
Wawako Solok menerima penyerahan sertifikat Kapabilitas APIP dari Kepala Perwakilan BPKP RI Sumatera Barat Buyung Wiromo Samudro. (ist)

MJNews.id - Lagi-lagi Pemerintah Kota Solok menerima penghargaan. Penghargaan kali ini adalah Sertifikat Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Level 3 hasil Quality Assurance.


Sertifikat itu diterima atas penilaian kapabilitas dari Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Republik Indonesia.


Kepala Perwakilan BPKP RI Sumatera Barat, Buyung Wiromo Samudro menyerahkan secara langsung sertifikat kepada Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra, di Aula Bappeda Kota Solok, Rabu 10 Maret 2021.


Pemberian sertifikat itu telah melalui proses penilaian yang langsung dilakukan BPKP pusat dengan fasilitasi Perwakilan Sumbar. Setelah menerima piagam sertifikat, Wakil Walikota Solok langsung menyerahkan kepada Inspektur Kota Solok, Kenfilka.


Wakil Walikota dalam sambutannya mengucapkan terimakasih pada Kepala BPKP Perwakilan Sumatera Barat yang telah membantu memfasilitasi APIP Kota Solok untuk dievaluasi BPKP Pusat sehingga bisa naik ke level 3.


"Kita dapat mencapai kesamaan pemahaman dan komitmen dalam mencapai visi pemko Solok 2021-2024 yaitu mewujudkan Kota Solok yang berkah melalui pengembangan sektor perdagangan dan jasa yang maju dan modern," ucapnya.


Ditambahkannya, aparat pengawas juga harus mempunyai kompetensi yang lebih baik dan sesuai dengan yang dibutuhkan baik untuk pemeriksaan reguler, review, pemeriksaan khusus, saber pungli, gratifikasi, LHKPN maupun Zona Integritas. "Dengan adanya peningkatan Level APIP menjadi Level 3 ini menandakan kita benar-benar serius dalam memberdayakan pengawasan yang merupakan salah satu dari fungsi-fungsi manajemen yang ada," ungkapnya.


Dalam rangka upaya peningkatan peran consulting dan pembinaan yang dilakukan Inspektorat, diharapkan kepada seluruh peserta agar dapat memberikan saran kepada APIP dalam kegiatan perencanaan pengawasan yang akan dituangkan dalam PKPT Inspektorat 2021 dan 2022.


Sementara itu, Kepala BPKP Perwakilan Sumatera Barat mengucapkan selamat kepada Kota Solok yang telah mencapai level 3 kapabilitas APIP. Kedepan, sistem penilaian oleh diri sendiri dan BPKP yang akan melakukan Quality Assurance.


"Saat ini dinamika di organisasi pemerintahan yang sudah banyak berubah. Untuk itu, sistem pengendalian intern ini setidaknya dua tahun sekali akan dilakukan penilaian ulang," katanya.


Turut hadir pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kota Solok Syaiful A, dan seluruh Kepala OPD di Lingkup Pemerintah Kota Solok.


(yas)


loading...



×
Berita Terbaru Update