Penerapan Nilai-nilai Pancasila Makin Kental di Masa Pandemi Covid-19

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 17 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
33.933 375 31.678 741
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Penerapan Nilai-nilai Pancasila Makin Kental di Masa Pandemi Covid-19

Rabu, 17 Maret 2021 | 01:02 WIB Last Updated 2021-03-16T18:44:27Z
Anggota DPR dari Fraksi PAN Asli Chaidir memberikan materi sosialisasi nilai-nilai Pancasila di masa pandemi Covid-19, Selasa 16 Maret 2021, di Padang. (ist)

MJNews.id - Anggota DPR dari Sumatera Barat, Mhd. Asli Chaidir mengatakan di masa pandemi Covid-19 saat ini, implementasi nilai-nilai Pancasila makin kental dan sudah banyak diterapkan oleh masyarakat.


"Masyarakat menyadari hanya dengan gotong-royong dan tolong menolong terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19 dapat meringankan beban mereka. Ini adalah implementasi nilai-nilai Pancasila," kata Asli dalam sosialisasi Pancasila di Padang dengaan tema “Implementasi Nilai-nilai Pancasila Pada Era dan Pasca Pandemi Covid 19”, Selasa 16 Maret 2021, di Padang.


Asli mencontohkan, saat pandemi Covid-19 banyak sekali gerakan-gerakan gotong royong, gerakan untuk membantu masyarakat terdampak melalui relawan Covid-19, mulai dari tingkat keluarga, RT/RW, dari pemerintah kota, sampai tingkat Nasional. 


Disebutkan, dari data Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Padang dijelaskan, angka masyarakat yang terpapar Covid-19 pada akhir Februari 2021 sebanyak 14.265 Orang, dimana yang sembuh 13.630 Orang dan yang meninggal 284 Orang. Pertengahan Januari 2021, Indonesia memulai program vaksinasi Covid-19. Tenaga kesehatan mendapat prioritas pertama untuk mendapatkan vaksin covid 19 disusul oleh golongan lainnya seperti petugas pelayanan publik, guru dan lainnya. 


Pandemi Covid-19 telah menyebabkan krisis mendalam bagi masyarakat Indonesia. Krisis kesehatan yang kemudian berdampak pada krisis sosial eknomi. Dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini Pemerintah telah menerapkan peraturan pembatasan sosial untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Yang secara langsung akhirnya juga berdampak pada timbulnya krisis sosial dan ekonomi.


Pancasila sebagai dasar ideologi negara Indonesia memiliki nilai-nilai yang menguatkan Indonesia sebagai bangsa antara lain persatuan, solidaritas dan gotong royong yang dibutuhkan dalam menghadapi pandemi global Covid-19. 


"Pandemi Covid-19 ini dapat menjadi momentum untuk menekankan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan. Pandemi ini pada dasarnya merupakan ujian terhadap kesatuan kita sebagai satu bangsa," sebut mantan Ketua DPW PAN Sumbar dua periode ini.


Asli menyatakan nantinya negara yang berhasil melewati pandemi Covid-19 adalah negara yang memiliki persatuan dan kesatuan serta solidaritas yang kuat, mulai dari pemerintah sampai masyarakat tingkat bawah.


"Nilai-nilai tersebut merupakan ideologi dasar dari Pancasila dan Pancasila baru akan teruji, benar-benar sakti saat kita tetap utuh, bersatu dalam kebersamaan dan tidak goyah dalam menghadapi Covid-19," sebutnya.


Nilai-nilai Pancasila semakin relevan dengan situasi dan kondisi saat ini dimana bangsa Indonesia sedang menghadapi pandemi yang berdampak pada sektor ekonomi, sosial, politik, hingga hankam. Keseluruhan nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila memberi landasan berpikir dan bertindak bagaimana negara dan warga negara bersikap dan bertindak dalam menghadapi pandemi Covid-19.


(eff)


loading...



×
Berita Terbaru Update