Penyusunan RPJMD Sumbar 2021-2026 Tanpa Pejabat Pemprov

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 13 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
33.227 349 31.051 722
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Penyusunan RPJMD Sumbar 2021-2026 Tanpa Pejabat Pemprov

Jumat, 12 Maret 2021 | 06:03 WIB Last Updated 2021-03-11T23:42:04Z
Kantor Gubernur Sumbar.

MJNews.id - Dalam percepatan pembangunan Sumatera Barat (Sumbar), Gubernur Mahyeldi sudah menunjuk tim perumus untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov Sumbar 2021-2026. Dari 18 nama yang sudah di-SK-kan tersebut, tak satu pun muncul nama pejabat pemprov. 


Penyusunan RPJMD itu ditargetkan sudah selesai dalam waktu tiga bulan sejak dilantik. “Benar, gubernur sudah menunjuk tim yang bekerja merumuskan RPJMD Pemprov Sumbar lima tahun mendatang,” sebut Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar, Hefdi, Kamis 11 Maret 2021.


Diakuinya, dalam penyusunan ini gubernur tidak hanya mengandalkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), namun melibatkan sejumlah akademisi dan tim untuk menjabarkan visi misinya dalam RPJMD tersebut. “Tim itu adalah Tim Percepatan Pembangunan Sumbar Madani,” sebut Hefdi.


Diharapkan, dengan cepat terealisasinya penyusunan tersebut, maka Gubernur dan Wakil Gubernur dapat mewujudkan secepatnya pula visi misinya dalam pembangunan. “Gubernur memang ingin agar program berjalan dengan cepat. Terutama mewujudkan Sumbar Madani,” ulasnya.


Adapun Lampiran SK Gubernur Sumbar tertanggal 26 Februari 2021 yang diperoleh, tercatat tim perumus yang membantu Gubernur Mahyeldi Ansharullah dalam penyusunan RPJMD dimaksud terdapat 18 orang.


Mereka adalah, H. Tijas Utomo, SE, Akt, MBa, Ph.D, Miko Kamal, SH, LL.M, Ph.D, Dr. Ir. Hidayat, Dr. Sudarman, MA, H. Medi Iswandi, ST,MM, H.Mulyadi Muslim, Lc.MA, Muhammad Zuhrizul, SE, Nikki Lauda Hariyona, S.Ikom. Maksun Jatmiko, SE,MM, Acep Lulu Iddin, S.Sos, Dr. Badrul Mustafa, Adri Yulika, SH.M.Hum, Prof. Erigas, DR. Yosrizal, Dr. Rizki Aziz, Dr. M. Anwar, Dr. Defrinal dan Ir. Djoni.


Mereka pada umumnya akademisi, termasuk pejabat eselon II dari Pemko Padang dua orang. Sementara dari nama-nama itu tidak nampak satu pun pejabat Pemprov Sumbar.


Dua orang pejabat Pemko Padang adalah, Medi Iswandi dan Adri Yulika. Selain itu, ada nama mantan Kepala Dinas Pertanian Sumbar, Ir. Djoni. 


Kewenangan Gubernur

Di mata pamong senior Rusdi Lubis, terkait dengan tim perumus RPJMD Sumbar 2021-2026 ini, diakuinya adalah kewenangan Gubernur Sumbar yang mengangkatnya. Namun dari nama-nama tim yang ditunjuk sebanyak 18 orang tersebut, seharusnya ada juga pejabat Pemprov Sumbar.


“Pejabat Pemko Padang ada dua orang dimasukkan dalam tim perumus, silakan saja. Tak ada larangan, tapi di mata publik akan dipertanyakan kenapa pejabat Pemprov Sumbar tak satu pun dimasukkan? Yang dirumuskan skopnya provinsi. Minimal satu orang tidak apalah. Pejabat provinsi lebih tahu dinamika untuk provinsi,” terang mantan Sekdaprov Sumbar ini.


Rusdi Lubis menyebutkan, tim perumus RPJMD itu harus terdiri dari personal yang beragam keahlian, termasuk bidang pemerintahan sehingga RPJMD benar-benar memuat semua bidang. Tapi praktisi pemerintahan tidak pula ada. Padahal di Sumbar, praktisi pemerintahan sambuah.


Yang jelas, Gubernur Sumbar Mahyeldi, kontan ingin yang terbaik. Dia telah berusaha bekerja lekas. Buktinya, telah terbentuk satu tim berisi 18 orang. Kerja mereka merumuskan rencana pembangunan. Tidak gampang, tentunya. 


Kini, telah terpilih orang-orang  hebat yang masuk tim tersebut. Banyak yang bagi elit Sumbar tak dikenal. Banyak pula yang populer. Mereka bukan menggantikan tugas lembaga perencanaan pembangunan di OPD. Semestinya ada jugalah ahli atau “ahli” kebudayaan misalnya, atau tokoh lokal yang diakrabi banyak orang. 


Tim Perumus RPJMD Sumbar Tahun 2021-2026 :

  1. H. Tijas Utomo, SE, Akt, MBa, Ph.D
  2. Miko Kamal, SH, LL.M, Ph.D
  3. Dr. Ir. Hidayat
  4. Dr. Sudarman, MA
  5. H. Medi Iswandi, ST, MM
  6. H.Mulyadi Muslim, Lc.MA
  7. Muhammad Zuhrizul, SE
  8. Nikki Lauda Hariyona, S.Ikom
  9. Maksun Jatmiko, SE,MM
  10. Acep Lulu Iddin, S.Sos
  11. Dr. Badrul Mustafa
  12. Adri Yulika, SH, M.Hum
  13. Prof. Erigas
  14. Dr. Yosrizal
  15. Dr. Rizki Aziz
  16. Dr. M. Anwar
  17. Dr. Defrinal 
  18. Ir. Djoni


(tim)


loading...



×
Berita Terbaru Update