Polda Sumbar Perketat Izin Senjata Api

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 13 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
33.227 349 31.051 722
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Polda Sumbar Perketat Izin Senjata Api

Selasa, 16 Maret 2021 | 20:45 WIB Last Updated 2021-03-16T20:53:00Z
Kabid Humas Polda Sumatera Barat, Kombes Pol Satake Bayu.

 

MJNews.id - Polda Sumbar akan memperketat pemberian izin menggunakan senjata api kepada personel, mencegah penyalahgunaan penggunaannya. 


Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu, Selasa 16 Maret 2021, mengatakan, langkah memperketat ini dilakukan setelah adanya dua personel kepolisian yang melakukan penembakan yang diduga tak sesuai aturan. "Kita lakukan evaluasi secara periodik terhadap personel yang menggunakan senjata api," katanya.


Menurut dia evaluasi yang dilakukan meliputi tes kejiwaan dan psikologi serta memberikan arahan terhadap penggunaan senjata api. Kemudian untuk pemberian senjata kepada personel, pihaknya akan lebih selektif lagi dalam memberikan izin.


Mereka yang terpilih menggunakan senjata api harus miliki kondisi kejiwaan yang bagus serta mendapatkan rekomendasi dari atasan. "Selain itu bagi personel yang berkeluarga harus mendapatkan izin dari suami dan istri," lanjut Satake.


Sebelumnya dua oknum personel kepolisian di wilayah hukum Polda Sumbar tersangkut kasus pidana karena melakukan penembakan. Pertama, Bripka KS di Polres Solok Selatan yang melakukan penembakan terhadap DPO judi berinisial D yang berujung pada kematian. 


Selanjutnya ada Bripda AP berdinas di Polres Padang Panjang yang menembak perempuan di Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu. "Kapolda sudah memberikan garis yang jelas, bagi personel tersangkut pidana akan diproses secara pidana dan juga secara etik," ujarnya.


(eds)


loading...



×
Berita Terbaru Update