Ratusan Mahasiswa Bersaing Wakili Unand ke Lomba NUDC dan KNMIPA

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 13 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
33.227 349 31.051 722
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Ratusan Mahasiswa Bersaing Wakili Unand ke Lomba NUDC dan KNMIPA

Minggu, 28 Maret 2021 | 05:03 WIB Last Updated 2021-03-28T07:38:29Z
Wakil Rektor III membuka NUDC dan KNMIPA tingkat Universitas Andalas secara virtual, Sabtu 27 Maret 2021.

MJNews.id - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) akan mengadakan lomba NUDC dan KNMIPA. Unand akan terjunkan mahasiswa dengan kemampuan terbaik. Ratusan mahasiswa bersaing untuk mewakili universitas.


Tak lama lagi LLDIKTI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adakan lomba National University Debate Championship (NUDC) dan Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA). 


Universitas Andalas mempersiapkan tim terbaik untuk diterjunkan ke ajang bergengsi itu. Guna memperoleh tim yang punya daya saing, Unand menyelenggarakan seleksi mahasiswa yang berlangsung 27-28 Maret 2021 di kampus Limau Manis, Padang.


Seleksi di Universitas Andalas dikemas dalam lomba NUDC dan KNMIPA dilaksanakan secara online. Lomba diadakan agar mahasiswa merasakan atmosfer persaingan, sebagaimana layaknya kompetisi yang diadakan LLDIKTI.


Lomba NUDC tingkat Unand dilaksanakan selama dua hari, 27-28 Maret. Sementara KNMIPA dilaksanakan pada 27 Maret 2021. 


Lomba NUDC dan KN MIPA merupakan agenda kalender rutin tahunan Kemendikbud. Pemenang pada tingkat universitas akan mengikuti karantina untuk mewakili Universitas Andalas pada tingkat wilayah yang akan dilaksanakan LLDIKTI X. Kemudian, pemenang pada tingkat wilayah akan mewakili LLDIKTI Wilayah X ke tingkat nasional.


Pelaksanaan NUDC diikuti 19 tim. Jumlah itu meningkat dari tahun lalu yang diikuti oleh 12 tim. Sementara KN MIPA 2021 diikuti 696 mahasiswa. Terdiri dari bidang biologi diikuti 166 peserta, fisika 139, kimia 252, matematika 139. Jumlah peserta KN MIPA 2021 mengalami peningkatan lebih dari 100 persen dibanding 2020, yang mencapai 281 peserta.


Tim seleksi NUDC merupakan juri yang sudah memiliki pengalaman nasional dan internasional yang berasal dari Universitas Andalas dan universitas lainnya di Indonesia.


Wakil Rektor III, Insannul Kamil ketika membuka kegiatan meminta mahasiswa mengerahkan kemampuan terbaik, sehingga bisa menjadi wakil universitas. "Pemenang lomba ukurannya jelas, siapa yang meraih nilai tertinggi," kata dia yang dikutip dari siaran pers, Sabtu 27 Maret 2021.


Insannul Kamil menyebutkan, Unand tak main-main dalam mengikuti lomba yang diadakan LLDIKTI. "Makanya kita mengadakan lomba tujuannya agar yang muncul peserta dengan kemampuan terbaik," kata dia.


Wakil rektor menambahkan, lomba merupakan hal penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan lomba, mahasiswa akan mengasah kemampuan. Sebab, mahasiswa ingin pula menjadi yang terbaik dan mewakili universitas ke ajang bergengsi.


(***)


loading...



×
Berita Terbaru Update