Rp 219,6 Juta Zakat Disalurkan untuk 143 Mahasiswa Tanah Datar

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 22 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
35.202 433 32.188 762
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Rp 219,6 Juta Zakat Disalurkan untuk 143 Mahasiswa Tanah Datar

Senin, 29 Maret 2021 | 03:46 WIB Last Updated 2021-03-30T02:18:40Z
Bupati Eka Putra, Ketua BAZNas Tanah Datar, Yasmansyah, dan sejumlah pejabat, foto bersama para mahasiswa usai menyerahkan dana zakat untuk bantuan pendidikan. (Musriadi Musanif)

MJNews.id - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Tanah Datar kembali menyalurkan dana zakat, diperuntukkan 143 mahasiswa untuk pembiayaan pendidikan mereka di berbagai perguruan tinggi.


Ketua BAZNas Yasmansyah menjelaskan, total dana yang didistribusikan Rp219.600.000, dan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, Minggu 28 Maret 2021, di Gazebo Gedung Indojolito Batusangkar.


"Program yang baik tetap akan kita lanjutkan, termasuk bidang pendidikan. Pemerintah daerah sudah sepakat akan membantu para siswa masuk ke perguruan tinggi, sehingga tidak ada anak Tanah Datar yang gagal masuk kuliah dengan alasan ketiadaan dana," ujar Eka dalam sambutannya.


Menurutnya, dukungan BAZNas Tanah Datar untuk mewujudkan tekad pemda itu amat penting. Bahkan, tegasnya, program yang terkait dengan upaya membantu pemenuhan biaya pendidikan bagi anak-anak Luak Nan Tuo itu, mendapat apresiasi dari pemda.


Program ini, tegasnya, tidak sekadar membantu biaya pendidikan, tetapi juga akan berdampak luas terhadap usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bantuan pembiayaan pendidikan, sebut bupati, mendorong terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Dengan kualitas yang tinggi itulah, imbuhnya, kesejahteraan bisa diraih dan ditingkatkan.


Kepada para mahasiswa yang menerima bantuan, Bupati Eka meminta agar tetap semangat dalam belajar, dan tidak menyerah kepada keadaan. Percayalah, tuturnya, setiap orang punya kesempatan untuk sukses. "Bila hari ini adik-adik menerima bantuan, maka nanti adik-adik yang akan membantu melalui dana zakat juga," katanya.


Bupati Eka juga menekankan, dana zakat yang diterima itu digunakan dengan sebaik-baiknya untuk kelancaran perkuliahan dan keperluan belajar lainnya, seraya turut mendoakan, semoga muzakki (orang yang menunaikan zakat) dan menyalurkannya melalui BAZNas diberi berkah atas rezeki mereka dan dibalas dengan pahala yang setimpal.


Dalam laporannya, Yasmansyah menjelaskan, mahasiswa yang menerima dana zakat kali ini berjumlah 143 orang, sebagai salah satu usaha membantu pemda dalam membantu warga dari keluarga tidak mampu membiayai kelanjutan pendidikan.


"Tujuannya membantu meringankan beban anak-anak kita dalam pendidikan mereka. Awalnya ada 150 orang dan rencananya akan menerima satu hingga dua juta rupiah per orang, setelah dilakukan seleksi, hanya 143 orang yang saat ini dinilai patut menerimanya," jelas Yasmansyah.


Dijelaskan pula, sekitar 95 persen dana zakat yang dihimpun dan didistribusikan BAZNas Tanah Datar, berasal dari zakat kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk dari jajaran guru Sekolah Dasar dan SLTP. Ke depan, sebutnya, BAZNas berharap dana zakat yang dikumpulkan tidak saja dari kalangan ASN, tetapi juga dari semua kalangan muslim yang sudah berkewajiban membayar zakat.


"Kita juga berharap dan butuhkan dukungan dari bupati, dana zakat guru SLTA bisa dikembalikan ke BAZNas Tanah Datar untuk pengumpulan dan pendistribusiannya, sehingga bisa pula membantu anak-anak SLTA yang membutuhkan," ujarnya.


(mus/ben)


loading...



×
Berita Terbaru Update