Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 6 Mei 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
38.261 476 34.945 834
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Videonya Beredar Luas, Bu Guru Pingsan Bukan Karena Efek Vaksin

Selasa, 30 Maret 2021 | 21:25 WIB Last Updated 2021-03-30T18:48:45Z

MJNews.id - Sebuah video beredar luas di media sosial yang memposting seorang perempuan yang belakangan diketahui seorang guru SD di Kuranji, Kota Padang, pingsan pasca menjalani vaksinasi Sinovac di Puskesmas.


Dalam video yang berdurasi 4 menit 40 tersebut guru itu terbaring lemah dan petugas kesehatan dengan cekatan membantu dan membawanya ke ambulans. 


Suasana terlihat sedikit gaduh dalam video tersebut. Guru yang disebut-sebut bernama Ayu yang tak berdaya itu disemangati rekannya. 


Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani yang dikonfirmasi membenarkan rekaman video tersebut. “Itu kejadian pada 23 Maret 2021 lalu. Memang benar guru tersebut pingsan pasca divaksin tapi sekarang kondisinya sudah membaik,” kata Feri Mulyani.


Dijelaskannya, pasa divaksin guru tersebut diobservasi selama 15 menit. Ketika itu ada suara ledakan di lokasi vaksin. Guru itu terkejut lalu pingsan. Guru itu pun dibawa ke RSUP M. Djamil Padang. Di sana dia menjalani tes labor. Hasilnya kalium sang guru rendah dari yang seharusnya. Dia menjalani perawatan hingga beberapa hari kemudian. 


Kekurangan kalium atau hipokalemia adalah kondisi saat kadar kalium dalam tubuh berada di bawah batas normal. Jika tubuh kekurangan mineral ini, dapat terjadi sejumlah gangguan kesehatan. Oleh karena itu, asupan kalium perlu tercukupi sesuai jumlah yang direkomendasikan setiap harinya.


Kalium atau potasium merupakan salah satu jenis mineral dan elektrolit yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Tak hanya itu, kalium juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung, mengatur kerja otot dan saraf, serta membawa nutrisi yang diserap tubuh menuju sel.


“Tapi guru itu sekarang sudah pulang dan kondisinya sekarang baik-baik saja. Ketika pingsan dia mengalami KIPI kategori ringan,” terang Feri Mulyani. 


Terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal menjelaskan guru yang pingsan pasca divaksin itu menjalani observasi. Baru 15 menit berjalan ada oksigen yang meledak, guru tersebut, lemah badannya kemudian diberi oksigen. Lalu dirujuk ke RSUP M. Djamil. 


“Di M. Djamil, guru itu diperiksa dan cek labor ditemukan hipokalemi. hipokalemi dikoreksi terjadi perbaikan kekuatan otot kembali pulih. Lalu dirawat 1 hari di bagian Neuro. Saat ini guru itu sudah sehat,” terang Jasman.


Hipokalemia adalah suatu kondisi ketika kadar kalium dalam peredaran darah seseorang lebih rendah daripada normal, yaitu di bawah 3,5 mEq/L. Seperti diketahui, elektrolit memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh. Kalium atau potassium adalah salah satu dari banyak elektrolit di dalam tubuh. 


Pada kesempatan itu Jasman mengimbau masyarakat untuk tidak percaya akan informasi yang tidak benar. Jika terjadi kesimpangsiuran informasi harus dikonfirmasi kepada pihak terkait, sehingga masyarakat menerima informasi yang jelas dan benar.


(yke/eds)


loading...



×
Berita Terbaru Update