Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 19 Juni 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
48.817 603 44.887 1.120
sumber: corona.sumbarprov.go.id

100 Ribu Lebih Siswa Madrasah Sumbar Ikuti PBM di Bulan Ramadhan

Jumat, 09 April 2021 | 16:50 WIB Last Updated 2021-04-09T09:52:11Z
Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar, Syamsul Arifin.

MJNews.id - Sebanyak 100 ribu orang lebih siswa/siswi dari tingkatan Madrasah Ibtidayah (MI) sampai tingkatan Madrasah Aliyah (MA) dari 1.174 MI dan MA negeri dan swasta di Sumatera Barat (Sumbar) tetap melakukan pembelajaran tatap muka (PBM) sesuai jadwal selama Ramadhan 1442 Hijriah tahun 2021 ini. 


Ungkapan ini dikemukakan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kemenag Sumbar, Drs H Syamsul Arifin, M.Pd, saat dijumpai di kantornya, Jumat 9 April 2021.


Menurut Syamsul Arifin, pembelajaran tatap muka tersebut mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 yang ketat.


Pembelajaran tatap muka yang dikombinasikan dengan pendidikan pesantren Ramadhan sesuai dengan konsep pemerintah daerah di Sumbar. 


Dikatakannya, pembelajaran tatap muka bagi pendidikan madrasah yang dimulai pada 18 April 2021 - 8 Mei 2021 ini. 


"Untuk pembelajaran tatap muka, kita tetap berpedoman pada Dirjen Pendis Kementerian Agama (Kemenag) RI, isi kelas maksimalnya hanya boleh diisi 50 persen dari jumlah peserta satu lokal saat pbm berlangsung," ungkapnya. 


Namun, sistem pembelajaran tatap muka diserahkan kebijakannya kepada pimpinan madrasah masing-masing. "Mungkin, hari ini shift 2, mungkin esok harinya shift 1," sebutnya mencontohkan. 


Hanya selama 2 minggu lebih pembelajaran tatap muka selama Bulan Ramadhan tahun ini tetap mengacu pada perintah Dirjen Pendis Kemenag RI hanya boleh 50 persen paling banyak dari isi jumlah satu lokal. Sementara kebijakan sistem pendidikan madrasah bagi daerah kabupaten/kota diserahkan pada Kankemenag daerah masing-masing melalui pimpinan madrasahnya. 


"Dilaksanakannya pembelajaran tatap muka dalam Bulan Ramadhan, sebab masih adanya suplay program bahan ajar dari skema bahan ajar yang belum tercapai. Tetapi bagi program bahan ajar yang telah tuntas, maka sistem pembelajaran tatap muka dapat disesuaikan saja dengan program pendidikan Pesantren Ramadhan. 


Yang belum sampai pada skema pembelajaran, ini yang tetap melakukan pembelajaran tatap muka menjelang memasuki ujian kenaikan kelas di tahun ajaran 2020/2021 ini. 


"Sesuai rencana, ujian kwartal kenaikan kelas akan dilaksanakan pada minggu ke-3 di Mei 2021, yang akan berlangsung selama 10 hari," pungkasnya.


(Obral Caniago)

loading...

Iklan Kiri Kanan





×
Berita Terbaru Update