Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 14 Mei 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
40.111 479 36.370 878
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Ada Lomba Masak Serba Ikan dan Lomba Cipta Lagu Gemar Ikan di Payakumbuh

Kamis, 01 April 2021 | 04:03 WIB Last Updated 2021-03-31T21:03:00Z
Ketua Forikan Kota Payakumbuh, Ny. Henny Riza Falepi.

MJNews.id - Dalam rangka mengakselerasi peningkatan konsumsi ikan masyarakat dan mensinergikan program Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan), Pemko Payakumbuh melalui Dinas Pertanian bekerjasama dengan Forikan Kota Payakumbuh menggelar lomba masak serba ikan dan lomba cipta lagu gemar ikan tingkat Kota Payakumbuh. Kegiatan itu digelar di Agam Jua Cafe.


Lomba masak serba ikan dan lomba cipta lagu tahun 2021 ini diikuti oleh empat perwakilan dari setiap kecamatan yang ada di kota itu. Dan untuk lomba cipta lagu gemar ikan, diikuti oleh SMAN 2 Payakumbuh dan SMAN 5 Payakumbuh.


Ketua Forikan Kota Payakumbuh, Ny. Henny Riza Falepi kepada wartawan, Rabu 31 Maret 2021, mengatakan, ikan merupakan salah satu makanan yang mudah didapat. Ikan adalah sumber protein yang tinggi dan lengkap dengan Omega 3 yang sangat baik untuk otak. Untuk itu, mari giatkan program Forikan dan Gemarikan, mulai dari lingkungan terkecil.


"Apalagi di Payakumbuh tidak sulit untuk mendapatkan ikan. Di luar negeri ikan adalah makanan yang termasuk mahal harganya, namun di Indonesia khususnya Payakumbuh ikan dapat dibeli dengan harga yang murah maupun dipancing di sungai. Yang terpenting adalah ikan makan yang sangat baik untuk keluarga, mari biasakan kepada anak-anak untuk makan ikan," ujarnya.


Menurutnya, gemar makan ikan jangan hanya saat digelar lomba saja. Tapi bagaimana gemar makan ikan ini menjadi tradisi dan kebutuhan dalam rumah tangga.


"Setidaknya dalam rumah tangga sehat mesti mengkonsumsi setidaknya dua ons ikan per kepala. Itu kalau bisa dimaksimalkan. Untuk mewujudkan semua itu perlu adanya sosialisasi kepada warga. Kapan perlu pihak kelurahan menyiapkan sampel. Sehingga kuantitas warga mengkonsumsi ikan semakin meningkat. Karena ikan dimasak dalam bentuk apapun akan tetap lezat dan gurih, serta mudah didapat," tambahnya.


Dikatakan, gemarikan bukan hanya seremoni. Tingkat konsumsi ikan di Kota Payakumbuh harus ditingkatkan dari tahun ke tahun. "Harapan kita semua, kegiatan gemarikan ini bukan hanya sekedar seremoni. Kita harus tingkatkan konsumsi ikan dari tahun ke tahun. Apalagi dimasa pandemi ini, kita harus putar otak bagaimana ekonomi tetap berjalan. Salah satunya dengan membuat inovasi makanan serba ikan yang notabene disukai oleh kalangan milenial saat ini. Seperti dimsum, cake ikan serta makanan olahan ikan lainnya, sehingga akan menjadi prospek bagus dan provit yang menjanjikan untuk dijadikan usaha dalam kondisi Covid seperti sekarang ini," katanya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh melalui Sekretaris Yuniri Yunirman, secara terpisah, mengatakan, sangat tepat kiranya ikan sebagai salah satu sumber daya asupan protein yang mempunyai nilai gizi tinggi dan keistimewaannya. Dengan adanya lomba ini, dapat menunjang kegiatan peningkatan konsumsi ikan masyarakat di Payakumbuh terutama pada anak-anak usia sekolah.


"Sebab, mengkonsumsi ikan lebih sehat dan tinggi gizinya dibanding daging ataupun ayam, serta bagus untuk mencerdaskan anak," ucapnya.


(hms/yud)


loading...



×
Berita Terbaru Update