Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 14 Mei 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
40.111 479 36.370 878
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Baru 6 Persen Warga Lintau Terjamah Layanan PDAM Tanah Datar

Kamis, 01 April 2021 | 01:43 WIB Last Updated 2021-04-01T06:54:05Z

MJNews.id - Penyediaan air bersih bagi masyarakat, menjadi bagian penting dari layanan pemerintah terhadap rakyat, Sayangnya, karena berbagai faktor rintangan, di Kecamatan Lintau Buo dan Lintau Buo Utara, jumlah rumah tangga terlayani air bersih dari PDAM Tanah Datar masih minim.


Menurut Bupati Tanah Datar, Eka Putra, di dua kecamatan tersebut, baru sekitar enam persen dari jumlah penduduk yang telah mendapat pelayanan air bersih PDAM. Ironisnya, karena keterbatasan ketersediaan air baku, pelayanan itu pun terpaksa dihentikan sejak 2017 lalu. Dia berharap, ke depan semua nagari di kedua kecamatan kembali dapat terlayani dengan baik.


Bupati mengatakan, saat ini pembangunan intake untuk penyediaan air bersih sudah dimulai. Jaringan transmisinya dibangun di Simpang Kalo-Kalo Jorong Tangah Padang, Nagari Tapi Selo. Dalam waktu dekat, ujarnya, diharap pembangunannya bisa selesai.


"Saya atas nama Pemkab Tanah Datar mengucapkan terima kasih kepada Balai Wilayah Sungai Sumatera V, karena telah berkenan mengalokasikan dana kegiatan pembangunan intake dan transmisi air baku ini," ujar Eka, Senin 29 Maret 2021, saat meletakkan batu pertama pembangunannya, sebagaimana dikutip dari keterangan pers Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tanah Datar, Rabu 31 Maret 2021.


Dikatakan, untuk melaksanakan pembangunan itu, tersedia anggaran lebih dari Rp18,5 miliar melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V. Bila pembangunannya selesai, menurut Eka, dengan kapasitas terpasang 100 liter/detik akan dapat melayani 10 ribu rumah tangga pasang baru.


Mengingat persoalan penyediaan sarana air bersih di Tanah Datar dihadapi hampir semua kecamatan, bupati pun berharap, instansi terkait dapat kembali mengalokasikan anggaran, sehingga pembangunannya pun dapat pula dilaksanakan pada tahun-tahun selanjutnya.


Salah seorang pemuka masyarakat Lintau; Dt. Gindo Besar, pada kesempatan itu mengatakan, pihaknya menyambut gembira upaya pemerintah menyediakan layanan air bersih untuk seluruh masyarakat, sehubungan dengan mulai dibangunnya intake dan jaringan transmisi air bersih di daerahnya.


‘’Kami amat gembira dan menyambut baik pembangunan ini, karena amat besar manfaatnya bagi masyarakat di Lintau Buo dan Lintau Buo Utara. Mudah-mudahan pembangunan ini dapat berjalan baik dan lancar. Tentu saja, manfaatnya tidak hanya saat ini, tetapi juga untuk anak cucu kita di masa mendatang,’’ katanya.


Dia pun berharap, masyarakat setempat dapat diikutsertakan dalam pelaksanaan pembangunan, dengan tetap mengutamakan bimbingan teknis dari para ahlinya.


(mus/ben)


loading...



×
Berita Terbaru Update