Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 9 Mei 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
39.166 506 35.581 855
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Enam Nagari di Tarusan Gelar Pilwana Serentak

Rabu, 21 April 2021 | 04:25 WIB Last Updated 2021-04-21T08:38:27Z
Camat Koto XI Tarusan, Deni Anggara.

MJNews.id - Pada tahun 2021 ini sebanyak 6 nagari di Kecamatan Koto XI Tarusan akan melaksanakan Pemilihan Walinagari (Pilwana) bersamaan dengan nagari lainnya yang ada di Kabupaten Pessel.Direncanakan akan dilaksanakan pada awal Juni mendatang.


Diantaranya Nagari Siguntur, Duku, Nanggalo, Ampang Pulai, Sungai Pinang dan Nagari Kapuh.


Camat Koto XI Tarusan, Deni Anggara, Selasa 20 April 2021 mengungkapkan, sebagian Penjabat Walinagari telah habis masa jabatannya telah diangkat penjabat sementara (PJ).


Ditambahkannya untuk pelaksanaan Pilwana Pj bersama dengan Bamus harus sudah melaksanakan tahapan tahapan pemilihan sehingga proses pelaksanaan berjalan lancar.


Tahapan yang harus segera disiapkan mulai mendata jumlah wajib pilih dan menetapkan jumlah pemilih tetap hingga menjaring calon Walinagari yang nantinya mengikuti kompetisi sesuai dengan aturan yang ada. Dimana setiap Kenagarian jumlah calon yang bisa mengikuti Pilwana hanya 5 orang calon.


"Disini tugas Bamus bersama Pj harus sejalan,agar melahirkan Pilwana yang sesuai dengan harapan masyarakat. Jangan coba coba melakukan kecurangan untuk memenangkan satu calon sebab masyarakat sekarang ini lebih cerdas dan teliti," ujarnya.


Terkait dana pelaksanaan Pilwana berasal dari dana Desa,APBD Kabupaten berupa surat suara dan lainnya serta sumbangan pihak ketiga yang tidak mengikat seperti sumbangan para Calon Walinagari untuk.membantu pelaksanaan Pilwana.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari, Pengendalian Penduduk dan KB Wendi, Selasa 20 April 2021 menjelaskan, untuk tahun 2021 Kabupaten Pesisir Selatan mendapatkan alokasi dana Desa berasal dari APBN dan APBD Kabupaten yang selanjutnya dibagi berdasarkan proporsi masing masing nagari.


"Alokasi tersebut akan dilakukan secara bertahap dengan menyiapkan perangkat aturan untuk menjamin penyaluran dan pelaksanaan alokasi anggaran agar berlangsung transparan ,akuntabel dan partisipatif," ujarnya.


(myd)


loading...



×
Berita Terbaru Update