Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 14 Mei 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
40.111 479 36.370 878
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Pemkab Pessel Minta Wali Nagari Proaktif Tingkatkan Peran BUMNag

Kamis, 15 April 2021 | 01:25 WIB Last Updated 2021-04-15T09:55:59Z
Kepala DPMDP2KB Pessel, Wendi.

MJNews.id - Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) memiliki andil yang besar dalam mendorong percepatan peningkatan ekonomi masyarakat di nagari. Sebab melalui wadah itu, potensi yang ada di nagari bisa dikelolah secara maksimal.


Dari itu kepada semua wali nagari diminta mampu memberikan dorongan kepada semua BUMNag agar aktif dan meningkatkan perannya pada masing-masing nagari, termasuk juga di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat.


Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Pessel, Wendi, Rabu 14 April 2021, di Painan.


Disampaikannya, di daerah itu terdapat 182 Pemerintahan Nagari, dari jumlah itu semuanya telah membentuk BUM Nag. Namun pembentukan BUMNag itu jangan hanya sekedar menjawab tantangan, tapi bagaimana kehadirannya benar-benar memberikan dampak terhadap pergerakan ekonomi masyarakat di nagari, yang tentunya sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh masing-masing nagari tersebut.


"Saya katakan demikian, sebab kehadiran BUMNag tidak hanya sebagai sarana bagi wali nagari dalam melakukan inovasi untuk memajukan nagari yang dipimpinnya. Tapi juga memiliki peran yang besar dalam mendorong percepatan ekonomi masyarakat melalui bidang usaha yang dikelolah menurut potensi. Makanya saya menantang dan mendorong para wali nagari agar mengaktifkan BUMNag yang ada itu melalui kegiatan-kegiatan yang mampu menggerakan perekonomian masyarakatnya di masing-masing nagari tersebut," katanya.


Harapan itu saya sampaikan, sebab dari 182 BUMNag yang ada itu, yang dinyatakan aktif malakukan kegiatan bidang usaha menurut potensi yang ada, belumlah tercapai sebesar 40 persen.


"Ini tentu sebuah tantangan yang mesti disikapi bersama. Sebab masih ada BUMNag yang belum memfungsikan keberadaannya sesuai dengan yang semestinya," ungkap Wendi lagi.


Selain Bumnag yang berkedudukan di nagari, di Pessel juga terdapat lima BUMNag bersama.


"BUMNag bersama ini adalah gabungan dari beberapa nagari pada satu kecamatan yang sama. Lima BUMNag bersama itu diantaranya, BUMNag Mandeh Tarusan Jaya, Nelayan Sejahtera Painan, Mabni Sutera, Lunang Bersatu, dan BUMNag bersama Sinar Silaut," jelas Wendi mengakhiri.


(myd)


loading...



×
Berita Terbaru Update