Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 12 Mei 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
40.017 502 36.244 878
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Pemkab Pessel Terus Tingkatkan Standar dan Kualitas Pelayanan Semua Puskesmas

Senin, 12 April 2021 | 14:25 WIB Last Updated 2021-04-12T11:04:53Z
Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar.

MJNews.id - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan (Pessel) secara bertahap akan terus meningkatkan standar pelayanan di tingkat puskesmas. Upaya itu selain bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan medis, juga bertujuan supaya tidak semua pasien harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum (RSU) yang ada di Painan.


Hal itu disampaikan Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, Senin 12 April 2021, terkait upaya daerah itu dalam memberikan kemudahan dan kualitas pelayanan medis kepada masyarakat.


"Melalui peningkatan standar dan kualitas pelayanan di tingkat puskesmas itu, maka pasien dengan penyakit tertentu bisa mendapatkan pelayanan rawat inap di puskesmas. Atau tidak perlu dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr M Zein Painan bila memang tidak membutuhkan rawatan lanjutan," katanya.


Dia juga menjelaskan bahwa upaya itu dilakukan seiring komitmen pemerintah daerah (Pemda) setempat dalam meningkatkan serta memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakatnya, di samping juga akan terus melakukan akreditasi terhadap semua puskesmas yang ada.


"Kita menargetkan semua puskesmas di daerah ini memenuhi standar pelayanan yang maksimal, serta juga terakreditasi. Tujuannya agar mutu dan kualitas pelayanan kesehatan benar-benar tercapai dan didapatkan oleh semua masyarakat," katanya.

 

Selain itu, puskesmas juga harus terus berupaya meningkatkan kesehatan perseorangan, serta meminimalkan risiko dengan peningkatan pencegahan dan penyembuhan penyakit.


"Semua itu adalah untuk mendukung pencapaian standar pelayanan minimal di bidang kesehatan," ungkapnya.


Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Satria Wibawa, mengatakan bahwa daerah itu juga menargetkan akan mengakreditasi 20 puskesmas yang ada. Upaya itu dilakukan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan kebutuhan masyarakat.


Puskesmas juga diharapkannya dapat mengidentifikasi masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat wilayah kerjanya.


"Melalui upaya itu, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan puskesmas semakin meningkat pula," ungkapnya.


Ditambahkan lagi bahwa pembangunan sektor kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional.


Dalam hal itu, pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan telah melakukan langkah nyata seperti upaya promotif preventif, serta peningkatan kualitas baik dari segi infrastruktur, sistem pelayanan, hingga peningkatan kualitas SDM bidang kesehatan.


"Karena Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan kepada masyarakat, makanya standar pelayanan nya akan terus kita ditingkatkan pada semua puskesmas pada semua kecamatan," tegasnya.


(myd)


loading...



×
Berita Terbaru Update