Pesan Bupati Tanah Datar: Tolong Sampaikan ke Mendagri, SIPD Repotkan Daerah
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 29 Juli 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
69.110 11.769 55.875 1.466
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pesan Bupati Tanah Datar: Tolong Sampaikan ke Mendagri, SIPD Repotkan Daerah

Kamis, 08 April 2021 | 09:23 WIB Last Updated 2021-04-08T20:40:44Z


MJNews.id - Bupati Tanah Datar, Eka Putra menyampaikan banyak hal, terutama dalam kaitannya dengan Pemerintah Pusat. Keluhan dan harapan tersebut dititipkan melalui anggota MPR dan DPR yang melakukan kunjungan kerja ke daerah tersebut.


"Tolong sampaikan ke Mendagri (Menteri Dalam Negeri), kami kerepotan di daerah dalam mengelola pemakaian sistem keuangan, dalam hal ini adalah Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Kami di daerah tidak diberi bimbingan teknis (bimtek) dalam melaksanakannya," kata Eka Putra, Rabu 7 April 2021, di Batusangkar.


Bupati mengatakan hal itu di hadapan Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani, Anggota Komisi II DPR Prasetyo Hadi, dan Anggota Komisi VI Andre Rosiade, yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tanah Datar.


Dikatakan, karena belum adanya bimtek SIPD tersebut, saat ini Pemkab Tanah Datar menyandingkan pemakaian Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMD) yang sudah digunakan beberapa tahun belakangan. Walaupun tidak terjaring secara online ke Kementerian Dalam Negeri, ujarnya, tapi dengan SIMD itu pihaknya tetap berada dalam pengawasan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP).


"Saya sempat curhat kepada anggota MPR dan DPR itu. Semoga aspirasi kita itu disampaikan kepada jajaran terkait di pusat. Pemkab Tanah Datar sangat berterima kasih atas kunjungan kerja tersebut, karena akan berdampak positif terhadap penyelenggaraan pemerintah di masa mendatang," katanya didampingi Wakil Bupati Richi Aprian.


Selain permasalahan SIPD, bupati juga menyampaikan beberapa hal, di antaranya menyangkut rencana pembangunan Pasar Batusangkar sebagaimana pernah dijanjikan presiden, pembangunan fly over di Kotobaru, Kecamatan X Koto, sebagai langkah strategis mengatasi kemacetan di jalan nasional Padang-Bukittinggi, dan sebagainya.


Apa yang disampaikan bupati itu, mendapat respon positif dari pimpinan MPR dan anggota DPR tersebut. Pihaknya berjanji akan mendalami informasi tersebut, dan meneruskannya kepada lembaga terkait di Jakarta.


Selama berada di Luak Nan Tuo, rombongan legislatif itu juga melakukan kunjungan ke Istano Basa Pagaruyuang dengan mendayung sepeda dari penginapan. Di istano, mereka disambut Wabup Richi dan Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu.


"Selamat datang di Istano Basa Pagaruyuang, kebanggaan masyarakat Tanah Datar dan Minangkabau," sebut wabup.


(mus/ben)

loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update