Resmi Jadi Walikota Padang, Gubernur Minta Hendri Septa Segera Sinkronisasi Program Kerja dengan Pemprov

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 22 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
35.202 433 32.188 762
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Resmi Jadi Walikota Padang, Gubernur Minta Hendri Septa Segera Sinkronisasi Program Kerja dengan Pemprov

Rabu, 07 April 2021 | 14:45 WIB Last Updated 2021-04-17T12:15:42Z
Gubernur Mahyeldi Ansharullah melantik Hendri Septa sebagai Walikota Padang di Auditorium Gubernuran Sumbar, Rabu 7 April 2021. (humas)

MJNews.id - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah resmi melantik Hendri Septa sebagai Walikota Padang di Auditorium Gubernuran Sumbar, Rabu 7 April 2021.


Pelantikan tersebut juga berlangsung istimewa, karena dihadiri langsung oleh para pejabat negara, seperti Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Anggota DPD RI, Leonardy Harmaini, Anggota DPR RI, Asli Khaidir, Edi Suparno, Asman Abnur, Athari Gauthi Ardi dan Guspardi Gaus. 


Prosesi pelantikan diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), pengambilan Sumpah Jabatan, penandatanganan Berita Acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pakta Integritas.


Dalam sambutannya, Gubernur Sumbar menyampaikan bahwa pelantikan ini sudah sesuai dengan peraturan dan perundang yang berlaku, yaitu dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015. 



Apabila Kepala Daerah berhalangan tetap seperti meninggal dunia, permintaan sendiri atau diberhentikan yang berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, maka dilakukan pengisian jabatan kepala daerah Dalam hal ini pengisian jabatan Walikota Padang digantikan oleh Wakil Walikota Padang. 


"Mereka dilantik dan disumpah, Hendri Septa sebagai Walikota Padang sisa jabatan 2019-2024 dan sementara untuk Heri Nofiardi sebagai Pj Bupati Solok sampai nantinya dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Solok definitif," kata Mahyeldi dalam sambutannya, Rabu 7 April 2021. 


Sebelum mengambil sumpah, gubernur menanyakan kesediaan seluruh pasangan kepala daerah bersedia diambil sumpahnya. Semua menjawab bersedia dan sumpah diambil menurut agama Islam.


“Saya perlu mengingatkan, bahwa sumpah yang saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, tanggung jawab memelihara Pancasila dan UUD 1945, serta tanggungjawab terhadap kesejahteraan rakyat,” katanya.



Sumpah, menurutnya, di samping disaksikan oleh diri sendiri dan disaksikan oleh semua yang hadir, dan penting juga disadari sumpah disaksikan Tuhan Yang Maha Esa, karena Tuhan Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.


Sumpah diambil atas kemauan yang sungguh-sungguh dan janji kepada Tuhan dan kepada manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Mahyeldi kemudian mengucapkan kata sumpah yang diiiringi oleh kedua kepala daerah. Dalam pengucapan satu per satu kepala daerah disebutkan jabatannya.


“Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai, pertama Wali Kota Padang, kedua Pj Bupati Solok, memegang teguh UUD 1945, dan menjalankan segala undang-undang, dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” katanya.


Setelah diambil sumpah, kedua kepala daerah melakukan penandatanganan berita acara dan pakta integritas yang juga disaksikan oleh Wakil Gubernur Audy Joinaldy. Kemudian diberikan tanda pangkat oleh Gubernur dan petikan surat keputusan Menteri Dalam Negeri.


Hendri Septa bersama keluarga.

Mahyeldi juga berpesan agar Walikota Padang segera melakukan sinkronisasi program kerja dengan rencana besar Pemerintah Provinsi Sumbar, terkait dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan juga bisa berkoordinasi dengan DPRD Provinsi Sumbar. 


"Saya berharap, saudara bisa memastikan kewenangan dan kebijakan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang saudara pimpin bisa berjalan dengan baik dengan meningkatkan kualitas hidup Masyarakat kini juga menjadi bukti bahwa arah pembangunan telah berada pada jalur yang tepat," ucapnya. 


Sebagaimana diketahui sebelumnya, Hendri Septa menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Padang sejak 25 Februari. Kemudian hari ini dilantik sebagai wali kota definitif hari ini.


(Advertorial Pemko Padang)


loading...



×
Berita Terbaru Update