Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 9 Mei 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
39.166 506 35.581 855
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Wako Fadly Amran Warning OPD Segera Tindaklanjuti Rekomendasi DPRD Padang Panjang

Rabu, 28 April 2021 | 19:02 WIB Last Updated 2021-04-29T00:17:35Z
Wali Kota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano. (diskominfo)

MJNews.id - Menyusul banyaknya rekomendasi DPRD pada saat paripurna LKPJ tahun 2020, Senin 26 April 2021 lalu, Wali Kota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano mewarning organisasi perangkat daerah (OPD) untuk segera menindaklanjuti rekomendasi tersebut.


"Selaku Kepala Daerah, saya minta catatan dari DPRD ini untuk segera ditindak lanjuti. Berbagai, banyak catatan agar dibalas secara tertulis dengan jawaban yang kongkrit dan konstruktif,” kata Fadly Amran, dalam rapat evaluasi kinerja dan pembahasan hasil rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) akhir Tahun Anggaran (T.A) 2020 di Lantai 3 Balaikota, Rabu 28 April 2021.


Kepada OPD, Fadly mewarning memberikan tenggang sebelum lebaran untuk melakukan pembahasan dan menindaklanjuti hasil catatan yang telah diberikan DPRD.


Di samping itu, Fadly juga menekankan, beberapa visi-misi dan program prioritas dalam lima tahun kepemimpinannya bersama Wawako Asrul agar dilakukan pengkajian dan pembahasan lebih dalam lagi oleh masing-masing OPD. 


Fadly juga meminta OPD agar dapat memahami dan hafal tentang pencapaian-pencapaian yang ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).


“Misalnya, angka kemiskinan, target setengah persen setahun, nah ini sudah gimana (sampai di mana, Red) dan lain-lain. Intinya, nanti berikan jawaban yang betul-betul saja kepada DPRD. Jangan yang muluk-muluk. Kalau iya, bilang iya. Tidak bilang tidak. Pokoknya jangan sampai ada bahasa-bahasa yang menggantung,” katanya.


Fadly berharap dengan diadakannya rapat ini, dapat menjadi bahan pertimbangan dan acuan sebagai hasil evaluasi. “Sehingga nanti dapat tersusunnya LKPj yang transparan dan akuntabel," harapnya.


Sementara itu, Wawako Asrul menilai, rekomendasi yang diberikan DPRD tersebut cukup bagus. Memang itulah yang terjadi di masing-masing OPD saat ini. “Untuk itu, saya meminta kepada OPD agar segera menindaklanjuti hasil rekomendasi ini dan memberikan jawaban yang konkret dan betul kepada DPRD dari program-program yang belum terealisasikan, agar segera direalisasikan,” imbaunya.


Sebelumnya, dalam rapat paripurna ada beberapa catatan rekomendasi dari DPRD di antaranya mengenai pendapatan pada sektor Pajak Bumi dan Bangunan, pengelolaan distribusi parkir, operasional videotron yang berbiaya tinggi, masalah pasar, dan sebagainya.


DPRD juga meminta indikator keberhasilan pemerintah daerah setiap tahunnya bukan sejauh mana kemampuan penyerapan anggaran, namun yang tidak kalah penting adalah sejauhmana program itu bisa bermanfaat bagi masyarakat. DPRD juga meminta untuk mendukung anggaran secara efektif. Maka perlu pemerintah daerah mengembangkan dan memaksimalkan perencanaan dan penganggaran berbasis kinerja.


Sementara di tempat terpisah, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Padang Panjang, Nasrulah Nukman meminta kepada Walikota untuk lebih bersikap tegas terhadap pimpinan OPD nya.


"Dengan banyaknya catatan dari DPRD, bukti tidak seriusnya para OPD dalam mengemban amanah yang dipercayakan pimpinan kepada para pembantunya," tukuk pentolan PKS ini menambahkan.


(mutia)


loading...



×
Berita Terbaru Update