Wawako Pariaman dan Wadan Lantamal II Padang Tanam Mangrove di Kawasan Mangrove Park Apar

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 19 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
34.226 365 31.834 747
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Wawako Pariaman dan Wadan Lantamal II Padang Tanam Mangrove di Kawasan Mangrove Park Apar

Rabu, 07 April 2021 | 21:45 WIB Last Updated 2021-04-08T01:04:34Z

MJNews.id - Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin bersama Wakil Komandan (Wadan) Lantamal II Padang, Kolonel Mar FJH Pardosi tanam mangrove di Kawasan Wisata Mangrove Park, Desa Apar, Kota Pariaman, Rabu 7 April 2021. Kegiatan tersebut bagian dari rangkaian acara Penanggulangan Bencana Alam tahun 2021 yang digelar oleh Lantamal II Padang bekerjasama dengan BPBD Kota Pariaman.


“Hari ini saya bersama Wadan Lantamal II Padang, Kolonel Mar FJH Pardosi beserta jajarannya melakukan penanaman bibit pohon mangrove sebagai upaya kita dalam menanggulangi bencana Tsunami di kawasan pesisir pantai Kota Pariaman,” ujar Wakil Walikota Mardison Mahyuddin.


Dalam hal ini turut serta jajaran Polres Pariaman, BPBD, Satpol PP dan juga siswa-siswi dari SMKN 3 Pariaman.


Mardison mengatakan, fungsi hutan mangrove ini jika sudah tumbuh besar adalah untuk mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga dapat mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan. Mencegah erosi yaitu pengikisan permukaan tanah oleh aliran air, dan juga abrasi atau pengikisan permukaan tanah akibat hempasan ombak laut.


“Abrasi menjadi sesuatu yang cukup menakutkan bagi sebagian masyarakat di wilayah pesisir pantai tak terkecuali Kota Pariaman. Namun, fungsi hutan mangrove sesungguhnya tak hanya sekedar menjadi penjaga batas pantai dari abrasi air laut saja. Fungsi hutan mangrove lainnya yakni sebagai tanaman yang mampu menstabilkan daerah pesisir. Seperti yang diketahui, abrasi intrusi laut setiap saat dapat mengancam pesisir laut hingga mengikis daratan yang akan semakin berkurang," jelas mantan Ketua DPRD Kota Pariaman ini.


Selain berfungsi sebagai pengendali bencana, secara umum mangrove berfungsi sebagai paru-paru dunia, sumber ekonomi, habitat flora dan fauna. Selain itu hutan mangrove juga menjadi tempat penyimpanan air, dan untuk mengurangi polusi pencemaran udara.


“Semoga bibit mangrove yang kita tanam hari ini dapat tumbuh besar dikemudian hari sehingga menjadi benteng pencegah abrasi atau pengikisan pantai oleh gelombang air laut,” harap Mardison.


(hms/aa)


loading...



×
Berita Terbaru Update