Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 14 Juni 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
47.885 622 43.496 1.089
sumber: corona.sumbarprov.go.id


AS Berencana Cabut Embargo Iran, Industri Migas Indonesia Gelisah

Jumat, 28 Mei 2021 | 02:25 WIB Last Updated 2021-05-28T07:14:55Z
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto.

JAKARTA, MJNews.id - Amerika Serikat (AS) disebut berencana untuk mencabut embargo terhadap perekonomian Iran. Jika itu benar terjadi, dunia berpotensi dibanjiri oleh suplai minyak dari Iran. Kondisi tersebut patut diwaspadai karena dapat berdampak ke industri minyak dan gas (migas) di Indonesia.


Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto saat membuka rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto.


“Perlu diwaspadai juga dalam sektor geopolitik di Timur Tengah, sebagaimana kita ketahui Timur Tengah menjadi jantung minyak dan gas. Atas rencana pencabutan embargo ekonomi Iran yang akan berdampak pada melimpahnya suplai minyak mentah sehingga bisa mengganggu stabilitas pergerakan harga,” katanya dalam RDP tersebut, Kamis 27 Mei 2021.


Menurut Sugeng potensi pergerakan harga tersebut akan berpengaruh terhadap kinerja industri migas nasional, baik secara langsung maupun tidak langsung.


Merespons hal itu, Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto mengatakan pihaknya akan melakukan analisa atas rencana dicabutnya embargo terhadap Iran. Sementara ini, dia belum bisa menyampaikan pandangan lebih jauh.


“Tadi bapak pimpinan menyebutkan mengenai potensi dari Iran setelah dicabutnya embargo, tentu ini belum masuk di sini, sehingga kita masih melakukan analisa kira-kira akan menjadi seperti apa ke depan,” katanya.


Rapat kemarin fokus membahas beberapa poin mengenai sektor migas RI, yakni menyangkut performa penerimaan negara sektor hulu migas pada 2021 dan target 2022, progres lifting migas tahun 2021 dan target lifting migas tahun 2022, progres cost recovery 2021 dan target tahun 2022, proyeksi Indonesia Crude Price (ICP) tahun 2022, penjelasan mengenai semua peralihan blok-blok migas yang telah selesai kontrak serta lainnya.


(***) 


loading...

Iklan Kiri Kanan





×
Berita Terbaru Update