Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 19 Juni 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
48.817 603 44.887 1.120
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Didukung Penggiat Wisata Sumbar, Lantamal II Padang Launching Program Kampung Bahari 1 Juli 2021

Rabu, 26 Mei 2021 | 16:01 WIB Last Updated 2021-05-26T09:01:00Z
Komandan Lantamal II Laksamana Pertama TNI Hargianto bersama para Penggiat Wisata Sumbar.

PADANG, MJNews.id - Pertama kali di Indonesia, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang, Sumatera Barat (Sumbar) akan launching program Kampung Bahari Nusantara (KBN) pada 1 Juli 2021 mendatang.


Program baru dari TNI AL yang bertujuan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat pesisir dan pemberdayaan wilayah pertahanan laut ini akan dipusatkan di dua kawasan, yakni kawasan Sungai Pisang dan Sungai Nyalo.


"Insya Allah tanggal 1 Juli kita akan launching. Lokasinya di Sungai Pisang dan Sungai Nyalo. Sudah kita koordinasikan dengan pemerintahan kecamatan serta tokoh masyarakat setempat. Kita juga sudah komunikasikan dengan gubernur dan Pak Mahyeldi sangat setuju sekali," ungkap Komandan Lantamal II Laksamana Pertama TNI Hargianto, di sela-sela pertemuan dengan penggiat pariwisata Sumbar, di Mako Lantamal II, Senin 24 Mei 2021 malam.


Danlantamal Hargianto memaparkan, Program KBN terdiri dari 7 jenis kegiatan, yaitu pelatihan selam, pembuatan kawasan wisata manggrove, pelatihan UMKM, pembangunan rumah khitan, pembangunan gapura desa/kampung, dan terakhir kegiatan go green berupa penanaman bibit jengkol dan petai atau tanaman produktif lainnya di lahan atau pekarangan rumah masyarakat.


"Jadi, program KBN ini identik dengan program Tentara Manunggal di Angkatan Darat, ada kegiatan fisik dan non fisik. Ini pertama di Danlantamal II dan pertama di Indonesia. Dananya dari Lantamal II dan kita juga berharap partisipasi dari CSR BUMN. Jika ada kawan-kawan yang ingin ikut berpartisipasi mensukseskan program ini, kita dengan senang hati akan dukung dan akan kita fasilitasi dengan memanfaatkan resousches yang ada di Lantamal II," tutur Hargianto.


Dalam pertemuan dengan penggiat pariwisata Sumbar tersebut, Danlantamal juga menyampaikan rencana program pengembangan kawasan Sungai Pisang sebagai Maritime Sport Center and Tourism. Tampak hadir para penggiat pariwisata Sumbar diantara M. Zuhrizul, Bundo Siti Fatimah, Bundo Wati, Elvis Kasmir dan Delmiwardi.


Ketua Asosiasi Agen Travel Indonesia (Asati) Sumbar, Elvis Kasmir, sangat mendukung berbagai program Danlantamal II, baik Program Kampung Bahari Nusantara maupun program Maritime Sport Center & Tourism. Menurut Elvis yang juga penggiat olahraga bersepeda di Kota Padang ini program tersebut akan dapat menunjang kepariwisataan Sumbar.


"Kita sangat apresiasi sekali program Lantamal II ini sebab ini akan menjadi momentum untuk kita bisa mempromosikan lagi wisata pesisir kita yang ada di Sumbar. Pada akhirnya akan mendatangkan Wisatawan baik lokal dan asing juga akan mengangkat ekonomi masyarakat setempat. Kami dari Assosiasi Sales Travel Indonesia akan mengemas paket paket menarik dan mempromosikan sampai keluar negeri," kata Elvis.


(rls/eds) 

loading...

Iklan Kiri Kanan





×
Berita Terbaru Update