Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 14 Juni 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
47.885 622 43.496 1.089
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Lebaran, BPBD Padang Panjang Tetap Siaga Makamkan Pasien Covid-19

Senin, 17 Mei 2021 | 00:42 WIB Last Updated 2021-05-17T17:24:04Z
Suasana pemakaman salah seorang pasien Covid-19 oleh personil BPBD Kota Padang Panjang. (ist)

MJNews.id - Libur lebaran bukan berarti bebas dari tugas. Siap sedia, siap siaga, kapanpun juga. Begitu yang dilakoni personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kesbangpol di lebaran Idul Fitri 1442 H ini.


"Ya benar sekali, hingga hari ini tercatat tiga pasien Covid-19 yang meninggal dunia kami makamkan sesuai protokol kesehatan (prokes) dan sesuai keinginan keluarga pasien," kata Plt. Kepala BPBD Kesbangpol Kota Padang Panjang, Zulheri, Sabtu 15 Mei 2021.


Zulheri menjelaskan, satu dari tiga pasien tersebut meninggal saat lebaran. Pasien merupakan mantan kepala Dinas Pendidikan Kota Padang yang berdomisili di Padang, dikuburkan di Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat. 


"Dua pasien lagi meninggal di hari kedua lebaran. Berasal dari Panyalaian, Kabupaten Tanah Datar yang meninggal di RSUD Padang Panjang. Dimakamkan tim pemakaman yang berasal dari Tanah Datar. Satu lagi berasal dari Kelurahan Gumala, Kecamatan Padang Panjang Timur yang meninggal di RS Yarsi Padang Panjang," jelasnya. 


Sebelumnya pada Ramadhan lalu, tambah Kasubbid Kedaruratan, Irelisofa Datuak Tan Majolelo, BPBD juga membantu pemakaman dua pasien Covid-19. “Pertama warga Kelurahan Bukit Surungan, dimakamkan di Panyalaian. Lalu, warga Kelurahan Balai-Balai, dikuburkan di Balai-Balai,” sebutnya.


Terkait pemakaman sesuai prokes, kata Zulheri lagi, tim BPBD sebelumnya telah koordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Kesehatan, Polres, Polsek, camat dan lurah untuk selalu mengedukasi dan sosialisasi bagi keluarga pasien yang meninggal karena virus Covid-19.


"Kami dari tim sudah koordinasi dahulu dan menerangkan kepada pihak keluarga kenapa dimakamkan sesuai prokes. Ini kita lakukan untuk menghindari penularan terhadap keluarga dan masyarakat lainya," jelasnya.


Walau dalam suasana lebaran, tim pemakaman BPBD tetap melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.


"Saya sangat salut dengan kerja tim pemakaman. Mereka selalu koordinasi intens dengan seluruh pihak. Walaupun hari raya Idul Fitri tetap bertugas dengan penuh rasa tanggung jawab demi kemanusiaan," tuturnya.


Ditambahkan Zulheri, untuk penugasan pengamanan hari raya Idul Fitri, pihaknya juga menugaskan 4 petugas setiap harinya yang disebarkan di dua pos. Yaitu di samping Hotel Rangkayo Basa dan Pos Pelayanan di simpang Gedung M. Syafei.


(mutia) 


loading...

Iklan Kiri Kanan





×
Berita Terbaru Update