Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 19 Juni 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
48.817 603 44.887 1.120
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Modus Bantuan Sosial, Dua Pelaku Penipuan di Pulau Mainan Diamankan Polisi

Rabu, 26 Mei 2021 | 23:45 WIB Last Updated 2021-05-26T17:25:49Z
Dua Pelaku Penipuan di Pulau Mainan Diamankan Polisi. (eko)

DHARMASRAYA, MJNews.id - Dua orang pelaku kasus penipuan yang terjadi di daerah Pulau Mainan, Kecamatan Koto Salak, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat diamankan Anggota Polsek Koto Baru pada Rabu 26 Mei 2021, yang dipimpin langsung oleh Kanit Reskrim Polsek Koto Baru, Ipda Welly Wahyudi.


Atas kejadian tersebut, Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah, melalui Kasat Reskim Polres Dharmasraya, AKP Suyanto didampingi Kapolsek Koto Baru, Iptu Rusmadi dan Kanit Reskim Polsek Koto Baru, Ipda Welly Wahyudi, yang ditemui awak media membenarkan peristiwa tersebut.


"Memang benar sekali telah diamankan dua orang laki laki dewasa berinisial STWN, umur 32, alamat unit 1 Jalan 20 Rimbo Bujang Jambi, kemudian inisial RSN, umur 36 tahun, Unit 1 Jalan 22 Rimbo Bujang Kecamatan Rimbo Bujang, Provinsi Jambi.


Kedua pelaku ini diamankan berdasarkan laporan masyarakat kepada Polsek Koto Baru,dengan LP/B/20/ K/ V/2021 /SPKT/Polsek Koto Baru/Polres Dharmasraya/Polda Sumbar Tanggal 26 Mei 2021. Dalam kronolgis kejadiannya, dua orang pelaku mendatangi rumah salah seorang warga di Jorong Sungai Lembur, Nagari Pulau Mainan.


Dari pengakuan, pelaku ini akan memberikan bantuan sosial kepada pemilik rumah yang menjadi korban penipuan tersebut, berupa uang tunai sebesar Rp. 10.000.000,- dengan cara memberikan 10 buah amplop yang berisikan masing-masing Rp. 1.000.000, yang mana masing-masing amplop tersebut sebenarnya cuma berisi uang senilai Rp. 50.000, dan selebihnya diisi dengan potongan kertas biasa.


"Dengan jaminan untuk dilaporkan kepada pimpinan berupa perhiasan emas seberat 15 emas dalam bentuk kalung dan gelang yang nanti akan dikembalikan lagi," kata pelaku kepada korban.


Diduga terhipnotis, tanpa sadar korban menyerahkan perhiasan emasnya kepada pelaku tersebut. Kemudian kedua pelaku tersebut pamit dan melarikan diri ke arah Desa Tanjung, Kecamatan VII Koto, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi menggunakan sepeda motor.


Malang bagi pelaku tersebut, keduanya mengalami kecelakaan lalu lintas dan kemudian kedua pelaku menjalani perawatan di Puskesmas Teluk Lancang, Kabupaten Tebo, Jambi.


Dua Pelaku Penipuan di Pulau Mainan sedang diinterogasi Polisi. (eko)

Pencarian terhadap pelaku terus dilakukan, dengan adanya informasi dari warga, pihak Puskesmas Teluk Lancang dengan ada korban kecelakan dengan ciri-ciri wajah yang sama atas kejadian peristiwa penipuan dengan korban warga Pulau Mainan.

 

Untuk memastikan apa korban kecelakaan tersebut memang betul pelaku penipuan perhiasan emas yang berada di dalam, Korban dan bersama perwakilan pihak keluarga yang telah melapor ke Polsek Koto Baru kemudian bersama anggota Polsek Koto Baru menuju ke Puskesmas Teluk Lancang. Ternyata, pelaku ini sudah dibawa ke rumah Ketua Pemuda Pulau Mainan. Dari sana, kedua pelaku penipuan tersebut dibawa ke Polsek Koto Baru untuk dilakukan pemeriksaan.


Dari kedua pelaku, Polisi juga mengamankan barang bukti berupa satu buah kalung Emas seberat lebih kurang 5 emas (12,5 gram), satu buah gelang Emas seberat lebih kurang 10 emas (25 gram) kemudian satu lembar faktur Toko Mas H. ZAIDIR tanggal 2 Mei 2021 dan satu buah buku Merk Daily Appointment warna hitam. Selanjutnya satu unit sepeda motor merk vixion warna hitam tanpa plat nomor.


"Saat ini barang pelaku dan barang bukti kita amankan di Polsek Koto Baru untuk dilakukan penyelidikan dan pemeriksaan terhadap 2 orang pelaku tersebut," tegas AKP Suyanto.


(eko) 

loading...

Iklan Kiri Kanan





×
Berita Terbaru Update