Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 23 Juni 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
49.500 598 45.602 1.143
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Satgas Nagari Kunci Pengendalian Covid-19 di Pesisir Selatan

Kamis, 06 Mei 2021 | 02:45 WIB Last Updated 2021-05-06T20:35:56Z
Pertemuan Kepala Laboratorium, Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, dr Andani Eka Putra dengan Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah di Painan, Rabu 5 Mei 2021.

MJNews.id - Kepala Laboratorium, Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, dr Andani Eka Putra menyebut, pengoptimalan satuan tugas (satgas) penanganan Covid-19 di nagari menjadi kunci sukses pengendalian dan penanganan virus.


“Jika satgas nagari dibentuk dan berfungsi secara efektif, saya optimis penanganan Covid-19 akan berhasil,” kata Andani saat bertemu dengan Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah di Painan, Rabu 5 Mei 2021.


Oleh karena itu, tambahnya satgas nagari harus menjadi perhatian pemerintah daerah, baik dalam pembentukan hingga pelaksanaan tugas dan fungsinya.


Ia menyebut satgas nagari memiliki banyak peran krusial, mulai dari melakukan pelacakan terhadap warga yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19, penegakan disiplin protokol kesehatan, hingga mengawasi pasien positif yang menjalani isolasi mandiri di rumah.


“Selama ini satgas nagari ada, tetapi belum menjalankan fungsinya secara maksimal. Baru sekadar nama dan ke depan pemerintah harus mengoptimalkan fungsinya,” katanya.


Menurutnya jika satgas penanganan Covid-19 mulai dari tingkat nagari, dan seterusnya secara berjenjang hingga ke pusat mampu bekerja dengan baik, maka ia optimis penularan Covid-19 bisa dikendalikan.


Sementara Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah mengemukakan, pihaknya sudah membentuk satgas penanganan Covid-19 di setiap nagari, serta pemerintah nagari juga telah menganggarkan dana untuk itu.


“Sebanyak 183 nagari di Pesisir Selatan sudah membentuk satgas Covid-19, termasuk alokasi anggarannya sudah tersedia pada anggaran belanja di masing-masing nagari,” katanya.


Selain itu, pihaknya juga telah menugaskan Dinas Satpol PP dan Damkar memaksimalkan fungsi satgas yang sudah ada, dan melakukan evaluasi.


“Dinas Satpol PP dan Damkar serta intansi terkait telah saya dorong untuk memastikan Satgas Covid-19 di nagari berjalan maksimal,” ungkapnya.


(myd)

loading...

Iklan Kiri Kanan





×
Berita Terbaru Update