Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 14 Juni 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
47.885 622 43.496 1.089
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Wakil Wali Kota Buka Musrenbang RPJMD Kota Solok 2021-2026

Senin, 10 Mei 2021 | 20:25 WIB Last Updated 2021-05-10T17:46:52Z
Suasana pembukaan Musrenbang RPJMD Kota Solok 2021-2026.

MJNews.id - Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Solok tahun 2021-2026, di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Senin 10 Mei 2021.


Wawako dalam sambutannya mengatakan, Musyawarah RPJMD Kota Solok Tahun 2021-2026, merupakan tahapan penting dan strategis dalam proses perencanaan pembangunan Kota Solok. 


RPJMD dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah lima tahunan yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD. 


"Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dimaksud, selanjutnya dijabarkan ke dalam dokumen rencana strategis perangkat daerah (Renstra PD) berlaku 5 (lima) tahunan dan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) berlaku satu tahun sebagai acuan untuk dilaksanakan secara konsisten, selaras dan sesuai dengan target yang ditetapkan," jelas wawako. 


Selanjutnya ia mengatakan, dinamika pembangunan daerah yang terus berubah dengan cepat menyebabkan tantangan pembangunan daerah juga semakin berat. Pertumbuhan ekonomi daerah yang cenderung melambat, pengurangan kemiskinan dan pengangguran serta perbaikan kualitas sumber daya manusia, infrastruktur kota yang belum tertata serta pengamalan terhadap ajaran agama dan adat budaya yang mulai luntur menjadi fokus utama perencanaan pembangunan lima tahun ke depan yang dituangkan dalam visi dan misi Kota Solok Tahun 2021-2026.


Kota Solok yang MAJU adalah Kota yang memiliki Kondisi infrastruktur kota dan fasilitas publik yang lebih baik dalam menunjang percepatan pertumbuhan perdagangan dan jasa. 


Kota Solok yang SEJAHTERA adalah Peningkatan standar hidup masyarakat yang makmur ditandai dengan peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan dan ekonomi masyarakat. 


Wawako menjelaskan, Pemerintah yang bersih erat kaitannya dengan dukungan tingkat kepercayaan seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan. Kepercayaan seluruh pemangku kepentingan akan mendorong tingkat partisipasi publik. 


Lalu katanya, dengan tingginya partisipasi publik akan mendorong keberhasilan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih juga harus didukung dengan pemanfaatan teknologi informasi agar terwujudnya pelayanan publik yang prima.

 

Dalam kesempatan itu, Wawako berpesan kepada para Kepala OPD agar memperhatikan kesesuaian visi, misi, tujuan dan sasaran dalam RPJMD, karena konsistensi penjabaran visi dan misi kedalam tujuan dan sasaran menentukan efektivitas pembangunan daerah. 


Indikator kinerja daerah yang sudah diformulasikan oleh tim penyusun RPJMD agar dijadikan acuan dalam penyusunan dokumen rencana strategis dan rencana kerja perangkat daerah. 


Memperkuat koordinasi antar OPD dalam proses perencanaan agar terbangun sinergitas. Seluruh OPD agar komitmen dalam proses perencanaan dengan mengacu pada RPJPD, RPJMD, Renstra OPD, RKPD dan Renja OPD, agar tercipta dokumen perencanaan yang selaras dan berkualitas. 


Selanjutnya, Terkait dengan penyusunan RPJMD Kota Solok Tahun 2021- 2026, agar kepala OPD terlibat aktif dalam setiap tahapan proses perencanaannya, sehingga program/kegiatan yang disusun OPD benar-benar mampu diimplementasikan untuk mendukung terwujudnya visi-misi kepala daerah dengan indikator kinerja yang terukur. 


Turut hadir, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat Hansastri, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat H.Daswippetra Dt.MJJ Alam, Ketua DPRD Kota Solok Hj.Nurnisma, Sekda Kota Solok Syaiful A, Forkopimda Kota Solok, Kepala Bappeda Kota Solok Jonnedi, serta unsur terkait lainnya.


(sis) 


loading...

Iklan Kiri Kanan





×
Berita Terbaru Update