Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 14 Juni 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
47.885 622 43.496 1.089
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Begini Cara Satlantas Polres Solok Selatan Beri Efek Jera kepada Pelanggar Lalu Lintas

Rabu, 09 Juni 2021 | 21:25 WIB Last Updated 2021-06-09T20:08:44Z
Kasatlantas Polres Solsel, Iptu Ade Saputra, SH. MH., dan anggotanya memberikan sanksi menyanyikan lagu Indonesia Raya kepada salah seorang pelajar yang melanggar aturan lalu lintas. (ist)

SOLOK SELATAN, MJNews.ID - Satlantas Polres Solok Selatan (Solsel) punya cara sendiri dalam memberikan efek jera buat pelajar yang melanggar lalu lintas (lalin). Kepada mereka tidak diberikan sanksi tilang, tapi disuruh menyanyikan lagu Indonesia Raya.


Kasatlantas Polres Solsel, Iptu Ade Saputra, SH.MH., menyebutkan, langkah itu dipilih sebagai upaya memberikan pembelajaran kepada para pelajar itu agar mereka lebih memahami akan pentingnya rasa kebangsaan.


“Juga agar lebih mematuhi aturan berlalu lintas dengan menyanyikan lagu kebangsaan di tempat umum,” terangnya usai kegiatan Penertiban Knalpot Brong dan Pelanggaran Kasat Mata yang dilaksanakan Rabu 9 Juni 2021 di Padang Aro, Solok Selatan.


Lebih jauh disampaikan, sanksi menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di hadapan umum hanya bagi mereka yang pertama kali melanggar. Bila kedapatan untuk kedua kalinya melanggar aturan berlalu lintas, maka kepada mereka akan diberikan sanksi sesuai aturan lalu lintas yang mereka langgar.


“Jadi ini untuk efek jera saja. Bila kedua kalinya masih melanggar, maka sanksi tilang akan kami terapkan sesuai aturan perundangan yang berlaku,” tegas mantan Kapolsek Bandara Internasional Minangkabau itu.


Sementara, sebelumnya juga dilakukan penindakan terhadap para pelanggar lalu lintas, khususnya kepada mereka yang tak memakai knalpot standar maupun helm SNI. Kepada mereka dilakukan sanksi tilang sesuai ketentuan yang telah ditetapkan dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan. 


Satlantas Polres Solsel diakui Ade terus melakukan kegiatan preventif dan juga penindakan, sehingga warga Solok Selatan semakin taat berlalu lintas, sehingga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar) di daerah itu dapat terwujud.


“Kami juga terus menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat pengguna kendaraan bermotor untuk selalu taat dan patuh dengan aturan,” katanya.


Salah satunya melalui media sosial milik instansi dan juga media sosial pribadi masing-masing personil Polri setempat. 


Beberapa imbauan yang disampaikan dalam sosialisasi melalui medsos adalah soal penggunaan knalpot racing. Juga soal ketentuan belok kiri, dan lainnya.


Undang-Undang Nomor 22 Pasal 112 ayat 3 menegaskan, pada persimpangan jalan yang dilengkapi alat pemberi isyarat lalu lintas, pengemudi kendaraan dilarang langsung berbelok kiri, kecuali ditentukan lain oleh rambu lalu lintas atau alat pemberi isyarat lalu lintas, dan lainnya.


(ai/ems) 


loading...

Iklan Kiri Kanan





×
Berita Terbaru Update