Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 17 Juni 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
48.441 628 44.295 1.108
sumber: corona.sumbarprov.go.id

CSR, Kolaborasi Perusahaan - Masyarakat Mampu Geliatkan Perekonomian Desa

Minggu, 06 Juni 2021 | 17:00 WIB Last Updated 2021-06-06T11:03:30Z
H. Ali Akbar.

PADANG PARIAMAN, MJNews.ID - Apa itu CSR? Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial – masyarakat maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada.


Jenis kegiatannya seperti melakukan ‘sesuatu’ yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/ fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak.


Sebagai amanat dari ISO 26000 yang diterbitkan pada tanggal 01 November 2010, CSR hingga kini mencakup kepada 7 subyek sampai adanya perubahan di masa mendatang sesuai keadaan masa itu, yakni: 1) Tata Kelola Organisasi, 2. Hak Asasi Manusia, 3. Praktik Tenaga Kerja, 4. Tanggung Jawab terhadap Lingkungan, 5. Praktik Operasional yang Adil, 6. Isu Konsumen dan 7. Keterlibatan dan Pengembangan Komunitas.


Ini merupakan hal terpenting bagi seluruh ’organisasi’ untuk berkontribusi dalam pengembangan masyarakat yang berkelanjutan. Organisasi yang dimaksud menurut pedoman ISO 26000 diperuntukan bukan hanya bagi korporasi tetapi bagi semua bentuk organisasi, baik swasta maupun publik.


Kontribusi dapat berupa keterlibatan dalam komunitas sipil, promosi kebudayaan, memudahkan akses pendidikan dan teknologi, serta investasi sosial.


Bagaimana Penerapan CSR di Masyarakat?


Mari kita ambil contoh CSR yang dilakukan BNI berbentuk Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang memberikan bantuan di berbagai macam bidang yang sudah ditentukan.


PT. Freeport Indonesia, dengan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan PTFI terus berusaha dan mendukung lembaga-lembaga yang menjadi representatif masyarakat lokal dalam meningkatkan profesionalisme dan akuntabilitas pengelolaan dana program pengembangan masyarakat dari PTFI yang diterima oleh LPMAK, Yayasan Tuarek Natkime, Yayasan Waartsing, Yayasan Yu-Amako, Yayasan Hak Asasi Manusia dan Anti Kekerasan (YAHAMAK) dan Forum MoU 2000. 


PT Olahkarsa Inovasi Indonesia – www.olahkarsa.com, berfokus pada membantu bisnis untuk merencanakan, menerapkan & mengevaluasi program tanggung jawab sosial dan menciptakan dampak yang berkelanjutan bagi bisnis dan masyarakat melalui ‘Workshop’ gratis yang dilakukan secara virtual dengan tema yang berbeda pada setiap webinarnya.


Bagaimana Cara Mendapatkan Program CSR itu?


Khususnya bagi masyarakat ‘Peduli Desa’, ‘Pendamping Desa’ maupun ‘Relawan Desa’ dan sebutan lainnya, tentulah punya semangat juang ’45 untuk membuat desanya makin tumbuh, berkembang dan maju.


Jika yang dituju adalah pemerintah, maka silakan kunjungi situs resmi Kementerian Koperasi dan UKM - https://kemenkopukm.go.id/ 


Jika yang dituju adalah perusahaan swasta, maka silakan datangi kantor dimana perusahaan berada serta tanyakan langsung tentang apa dan bagaimana cara memperoleh Program CSR-nya. Beda perusahaan beda pula caranya.


Selamat berkarya!


(Penulis: H. Ali Akbar) 

loading...

Iklan Kiri Kanan





×
Berita Terbaru Update