Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 17 Juni 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
48.441 628 44.295 1.108
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Keputusan Soal Pelaksanaan Haji Diumumkan Hari Ini

Kamis, 03 Juni 2021 | 05:00 WIB Last Updated 2021-06-02T22:00:00Z
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

JAKARTA, MJNews.id - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan hasil diskusi dengan Komisi VIII DPR soal pelaksanaan haji akan diumumkan, Kamis 3 Juni 2021 hari ini.


Seperti diketahui, Kemenag dan Komisi VIII DPR menggelar rapat tertutup terkait ada atau tidaknya pemberangkatan calon jamaah haji dari Indonesia pada tahun 2021.


“Insya Allah besok siang (Kamis ini—Red) akan kami umumkan di kantor Kemenag,” kata Yaqut usai rapat kerja tertutup dengan Komisi VIII DPR, Rabu 2 Juni 2021.


Katanya, Komisi VIII DPR bersama dengan Kemenag sudah bicara mendiskusikan pelaksanaan ibadah mulai A sampai Z. 


Menag pun beralasan, ketentuan haji harus disusun dengan bahasa yang tepat dan tidak menimbulkan persepsi yang salah. Untuk itu, ia meminta awak media dan masyarakat untuk bersabar.


“Besok (hari ini, Redaksi) kita akan sampaikan kepada publik, sabar sedikit kan harus ditata, harus benar dan transparan yang disampaikan ke publik,” ungkapnya.


Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi VIII DPR dari Fraksi PKB, Marwan Dasopang meminta pemerintah tidak usah menunggu keputusan dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi.


Marwan pun mengatakan mengenai urusan persiapan haji oleh Kemenag di dalam negeri sudah maksimal.


“Persiapan yang bisa kita lakukan menurut saya apa yang dilakukan oleh Menteri atau yang kita siapkan di dalam Panja sudah maksimal. Seluruh kemungkinan yang akan terjadi sudah kita kaji dan sudah kita siapkan,” ungkapnya, seperti diwartakan Okezone.


Seperti diketahui, pemerintah Indonesia hingga kemarin masih menunggu kepastian pelaksanaan ibadah haji 2021 dari Kerajaan Arab Saudi. Segala pilihan telah dipikirkan, termasuk apakah melakukan pembatalan seperti tahun lalu atau tetap memberangkatkan jemaah haji.


“Pembatalan atau memberangkatkan jamaah haji tentu harus dikaji sedemikian rupa dengan instansi dan lembaga terkait, khususnya mitra kerja Kemenag, Komisi VIII DPR RI,” kata Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Khoirizi.


Selanjutnya, Kementerian Agama akan menunggu arahan selanjutnya, apakah jamaah Indonesia diberangkatkan atau tidak. Khoirizi mengakui, segala pilihan yang ditetapkan tentu ada dampaknya yang harus diantisipasi.


“Apa pun hasilnya, nanti akan kita sosialisasi dengan menggandeng seluruh stakeholders kita di tengah masyarakat, khususnya jajaran Kementerian Agama yang ada di provinsi, Kabupaten/Kota bahkan kecamatan,” lanjutnya.


(***) 

loading...

Iklan Kiri Kanan





×
Berita Terbaru Update