Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 14 Juni 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
47.885 622 43.496 1.089
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Legislator Sumbar Ismunandi Sofyan: Petani Tulang Punggung Perekonomian

Minggu, 06 Juni 2021 | 08:27 WIB Last Updated 2021-06-06T13:42:19Z
Anggota DPRD Sumbar, Ismunandi Sofyan.

AGAM, MJNews.ID - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), dari Fraksi Partai Gerindra, Ismunandi Sofyan, SE menyebut para petani merupakan tulang punggung perekonomian di kala pandemi Covid-19.


Hal itu disampaikannya saat penyerahan peralatan dan mesin pertanian (alsintan) bagi kelompok-kelompok tani di Kabupaten Agam, Sabtu 5 Juni 2021, di Parit Panjang, Nagari Lubuk Basung.


Menurut Ismunandi, para petani harus bangga dengan profesi yang dilakoni. Pasalnya, pertanian merupakan sektor yang tidak terkena dampak pandemi Covid-19.


“Di saat semua sektor ambruk akibat Covid-19, justru pertanian menjadi penyelamat perekonomian. Untuk itu bapak-ibuk harus bangga menjadi petani,” ucapnya didampingi Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, SH Dt. Parpatiah.


Dijelaskan lebih lanjut, sungguh pun tidak terkena dampak Covid-19, para petani juga harus mendapat sokongan dari banyak pihak, baik dari pemerintah maupun perwakilan di legislatif.


“Saya di DPRD provinsi, sangat fokus dengan persoalan pertanian, sektor koperasi dan usaha kecil menengah di Kabupaten Agam,” ujarnya.


Sebagai wakil rakyat, Ismunandi tidak memungkiri kepentingan para petani memang harus dikedepankan. Untuk itu, pihaknya terus berupaya meningkatkan kapasitas para petani di Kabupaten Agam.


“Di tahun ini, kami masih akan terus memberikan pelatihan-pelatihan kepada para petani dan pelaku usaha kecil dan menengah,” ujarnya lagi.


Ditambahkan, selain nasib para petani, kesejahteraan para penyuluh pertanian juga perlu mendapat perhatian. Menurutnya, para penyuluh menjadi penyambung lidah bagi para petani.


“Semoga ke depan, ada jalan untuk kita mensejahterakan para penyuluh yang bertugas di lapangan,” kata Ismunandi.


Sungguh pun begitu, dirinya juga berharap penyuluh untuk terus semangat dalam memfasilitasi kebutuhan para petani.


“Kepada penyuluh saya harap, bagi petani yang ingin membentuk kelompok tani, alangkah eloknya dipermudah, karena bantuan seperti ini dapat disalurkan melalui kelompok tani,” ujarnya.


Diketahui, penyerahan bantuan peralatan pertanian pasca tanam berupa Corn Sheller dan Power Thesher merupakan bantuan dari Dinas Pekebunan, Tanaman Pangan dan Holtikultura (PTPH) Provinsi Sumatera Barat melalui pokok pikiran Anggota DPRD Sumatera Barat Fraksi Partai Gerindra, Ismunandi Sofyan.


Untuk Kabupaten Agam, setidaknya bantuan peralatan pertanian yang di salurkan sebanyak 176 unit. Bantuan yang diserahkan berupa alsintan pra tanam dan pasca tanam.


Turut hadir saat penyerahan bantuan, Kadis PTPH Provinsi Sumbar, Syafrizal diwakili Kepala Bidang Tanaman Pangan, Ir. Yustiadi, Kadistan Agam, Ir. Arif Restu, Camat Lubuk Basung, Harmezi, Wali Nagari Lubuk Basung, Darma Ira Putra, Kasat Intelkam Polres Agam, IPTU Deka, Anggota DPRD Agam, Noveri Edios dan Nesi Helmita.


(amc/edy) 


loading...

Iklan Kiri Kanan





×
Berita Terbaru Update