Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 19 Juni 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
48.817 603 44.887 1.120
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pilwana Serentak Sukses, Ini Harapan Bupati dan Wabup Pessel kepada Walinagari Terpilih

Kamis, 10 Juni 2021 | 08:00 WIB Last Updated 2021-06-10T01:00:00Z
Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar.

PESISIR SELATAN, MJNews.ID - Pemilihan walinagari (Pilwana) serentak pada 31 nagari di Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa 8 Juni 2021 berlangsung damai sebagaimana ikar calon walinagari sehari sebelum Pilwana.


"Saya mengapresiasi pelaksanaan Pilwana serentak yang digelar pada 31 nagari berjalan damai, tanpa adanya gesekan di tengah-tengah masyarakat. Kita berharap setelah Pilwana situasi tetap kondusif," harap Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, Rabu 9 Juni 2021 di Painan.


Dikatakan lebih lanjut, selain pelaksanaan penyelenggaraan roda pemerintahan dan pelayanan publik, walinagari terpilih nantinya juga fokus melakukan upaya penanganan dan pengendalian Covid 19.


"Pengendalian Covid 19 harus menjadi skala prioritas bagi walinagari, mengingatkan angka pasien terkonfirmasi positif Covid 19 terus bertambah. Oleh karena itu, walinagari harus melakukan upaya pengendalian Covid 19 secara maksimal," ucapnya.


Dijelaskan bupati, salah satu upaya pengendalian Covid 19 oleh walinagari bersama perangkatnya adalah dengan melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan (Prokes) pada masyarakat.


"Ya, kegiatan sosialisasi tentang Prokes pada masyarakat harus dimaksimalkan yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun," jelas bupati.


Lebih lanjut dikatakan, walinagari terpilih juga harus memaksimalkan fungsi Satgas Penanganan Covid 19 Nagari. Dimana, Satgas Penanganan Covid 19 Nagari harus memiliki program yang jelas dalam upaya penanganan Covid 19.


"Saya berharap Satgas Penanganan Covid 19 Nagari harus berkoordinasi secara intensif dengan Satgas Penanganan Covid 19 Kecamatan dan Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten, sehingga laju penularan Covid 19 dapat diminimalisir," pinta bupati.


Belajar Regulasi Tata Kelola Keuangan

Sementara itu, Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rudi Hariyansyah berharap kepada semua wali nagari terpilih mau belajar dan memahami regulasi tata kelola keuangan pemerintah, agar tidak ditemui nantinya wali nagari terpilih tersangkut dengan persoalan hukum. 


"Agar dalam penggunaan anggaran nantinya wali nagari terpilih terhindar dari jeratan hukum, maka dari jauh hari saya ingatkan untuk waspada. Tentunya dengan terus mengikuti perkembangan aturan terkait regulasi tata kelola keuangan," ujarnya.


Hal itu disampaikannya karena ketatnya pengawasan penggunaan anggaran, termasuk juga anggaran di tingkat pemerintahan terendah tersebut.


"Dari 31 wali nagari terpilih hasil Pilwana serentak itu, sebagian besarnya merupakan wajah baru. Sehingga banyak hal yang harus dipelajari dalam menjalankan roda pemerintahan," ujarnya.


Wabup juga mengingatkan kepada wali nagari terpilih tersebut untuk tidak segan-segan bertanya dan berkonsultasi dengan pihak terkait, menyangkut persoalan pemerintahan nagari.


"Sebab wali nagari merupakan perpanjangan tangan bupati di tingkat nagari dalam mensukseskan berbagai program pembangunan lima tahun kedepan," tutupnya.


(myd) 

loading...

Iklan Kiri Kanan





×
Berita Terbaru Update