Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 14 Juni 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
47.885 622 43.496 1.089
sumber: corona.sumbarprov.go.id


PPDB Online SMP di Pariaman Melalui Si Pintar Masuk Sekolah

Senin, 07 Juni 2021 | 13:26 WIB Last Updated 2021-06-07T12:08:22Z
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi.

PARIAMAN, MJNews.ID - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Pariaman Tahun 2021 sudah dibuka mulai tanggal 2 Juni hingga 19 Juni 2021. PPDB secara online tersebut bisa diakses melalui website Si Pintar Masuk Sekolah (Sistem Informasi Pendaftaran Masuk Sekolah) di link ppdb.pariamankota.go.id


Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi, Senin 7 Juni 2021, menyampaikan, pendaftaran peserta didik akan dilakukan secara online, dengan website yang telah disediakan oleh pemerintah.


“Website tersebut bisa diakses oleh siswa melalui android atau perangkat komputer lainnya," kata dia.


Kanderi mengatakan bahwa website ppdb.pariamankota.go.id atau Si Pintar Masuk Sekolah ini dibuat bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Pariaman yang terintegrasi antar SMP se Kota Pariaman.


Dikatakannya pula, mengacu kepada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 1 Tahun 2021, penerimaan peserta didik baru tersebut diatur berdasarkan zonasi daerah, prestasi akademik, prestasi keagamaan, afirmasi, serta perpindahan tugas orang tua dan murid.


“Untuk zonasi daerah dibagi berdasarkan tempat tinggal per kelurahan,” jelas Kanderi.


Ia menjelaskan, kemungkinan dua sekolah berada di dalam satu kelurahan yang ada di Kota Pariaman.


"Misalnya SMP 2 dan 4 yang berada di satu kelurahan, jadi peserta didik akan ditempatkan di sekolah terdekat dari rumahnya, pembagiannya berdasarkan RT di sana," kata dia.


Namun, pada jalur zonasi ini masih memiliki kendala, misalnya data masih ada perubahan seperti biodata siswa karena masih ada peserta yang belum memahami sistem zonasi.


Selain prestasi akademik, seperti kegiatan lomba, olimpiade, pihaknya juga menerima siswa yang punya prestasi di bidang keagamaan tanpa memandang prestasi di agama tertentu.


Kemudian ujar Kanderi, daya tampung kelas seluruh sekolah di Kota Pariaman berlebih dari angka kelulusan siswa.


"Peserta didik baru totalnya sekitar 75 persen dari kapasitas kelas-kelas yang tersedia di Kota Pariaman," tutup Kanderi.


(hms/sul) 


loading...

Iklan Kiri Kanan





×
Berita Terbaru Update