Begini Kiat Ketua Dekranasda Kota Pariaman Berwirausaha Secara Digital
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 30 Juli 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
69.983 12.105 56.404 1.474
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Begini Kiat Ketua Dekranasda Kota Pariaman Berwirausaha Secara Digital

Jumat, 16 Juli 2021 | 02:00 WIB Last Updated 2021-07-15T19:00:00Z

Ny. Lucyanel Arlym Genius
Ny. Lucyanel Arlym Genius.

Pariaman, MJNews.ID - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Arlym Genius, menjadi narasumber dalam webinar nasional yang bertajuk Gerakan Nasional Literasi Digital 2021, Rabu 14 Juli 2021, dilaksanakan secara daring dengan 160 orang peserta dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Dalam materinya, Ny. Lucyanel Arlym mengangkat tema strategi wirausaha digital. Tema ini sangat perlu dimana pemerintah Indonesia melihat adanya potensi ekonomi Indonesia yang bertumpu pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menjadi penyelamat Indonesia dari inflasi dan krisis global.

"Dalam lima tahun terakhir, kontribusi sektor UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) meningkat dari 57,84% menjadi 60,34%," ujar Ny. Lucy.

Ny. Lucyanel menjelaskan, ada beberapa kunci dalam upaya menjadi wira usaha digital yang sukses, yakni berinovasi dengan teknologi, kemampuan mengubah peluang, membangun relasi suatu usaha serta membangun dan mendapatkan mitra kerja yang handal untuk mengembangkan usaha.

Berdasarkan acuan tersebut diatas, menurut Ny. Lucy, Dekranasda Kota Pariaman telah melakukan dukungan terhadap UMKM yang ada di Kota Pariaman.

Dukungan tersebut adalah Memberikan motivasi dan pembinaan dalam aplikasi digital bagi marketing usaha UMKM, bekerjasama dengan Marketplace untuk mengedukasi pelaku UMKM seperti dengan Tokopedia, serta menyediakan sarana promosi produk untuk pemasaran bagi pelaku UMKM yang berada di kawasan wisata Kota Pariaman dengan membangun gedung promosi galeri dekranasda, Rumah Kreatif, Galeri Muaro dan Business Development Center (BDC) Angso Duo.

Dekranasda Kota Pariaman, sambung Ny. Lucyanel Arlym, juga telah mengikutsertakan para pelaku UMKM dalam pameran kerajinan yang diadakan baik tingkat lokal, nasional maupun internasional dengan tujuan pemasaran dan distribusi produk unggulan serta memfasilitasi pengajuan sertifikat halal, pendaftaran merk dan pengurusan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) bagi pelaku UMKM di Kota Pariaman.

"Namun, yang lebih penting, saat ide untuk memulai usaha muncul, langkah nyata yang dapat langsung dimulai oleh seorang wirausaha digital adalah membuat rencana bisnis, karena dengan perencanaan yang matang dapat memperkecil risiko, agar apa yang diharapkan terjadi tidak meleset dengan kenyataan atau paling tidak menyimpang sedikit dari yang diperkirakan," papar Ny. Lucy mengakhiri.

(hms/sul)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update