Diskominfotik Sumbar Bekali Mahasiswa Statistik Magang UNP
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 30 Juli 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
69.983 12.105 56.404 1.474
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Diskominfotik Sumbar Bekali Mahasiswa Statistik Magang UNP

Selasa, 06 Juli 2021 | 08:00 WIB Last Updated 2021-07-06T01:00:00Z

Diskominfotik Sumbar Bekali Mahasiswa Statistik Magang UNP. (kominfotik)

PADANG, MJNews.ID - Dalam rangka percepatan inovasi nagari/desa/kelurahan statistik (NDKS) di Sumatera Barat (Sumbar), berbagai upaya terus dilakukan. Terbaru, Bidang Statistik Diskominfotik Sumbar menyiapkan 15 mahasiswa magang jurusan Statistik Universitas Negeri Padang (UNP) untuk ditempatkan di 5 Kecamatan di 5 kabupaten/kota di Sumbar.

Kepala Bidang Statistik Dinas Kominfotik Provinsi Sumbar, Oni Fajar Syahdi, Senin 5 Juli 2021, mengatakan, para mahasiswa tersebut diberikan materi dalam rangka pembekalan dan pelatihan tentang Program Nagari Statistik di Sumbar. 

"Pembekalan dilaksanakan selama 7 minggu, termasuk studi lapangan ke nagari-nagari statistik. Jumlahnya 15 orang, terdiri dari mahasiswa S1 4 orang dan D3 11 orang. Mereka kita arahkan untuk membantu program inovasi nagari, desa, kecamatan," kata Oni.

Oni menambahkan, mahasiswa tersebut juga dibekali dengan teknologi pengumpulan dan pengolahan data statistik NDK berbasis kewilayahan dengan teknologi geospasial. 

"Jadi teknisnya nanti kita bentuk 5 kelompok, terdiri dari 3 orang perkelompok, ditempatkan di 5 kecamatan, yaitu di Kecamatan Sitiung, Dharmasraya, Kecamatan Ulakan Tapakis Padang Pariaman, Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman, Kecamatan Matur, Agam dan Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto," katanya.

Salah seorang mahasiswa magang, Fira sangat senang dengan adanya pembekalan sekaligus penempatan di nagari statistik. Selain menambah ilmu pengetahuan tentang statistik, juga akan menambah pengalaman di lapangan.

"Senang sekali, karena bisa dapat ilmu dan pengalaman langsung ke lapangan. Selama ini hanya mendengar saja tentang nagari statistik, tapi sekarang bisa terlibat langsung di nagari tersebut, kami senang sekali," ukar Fira.

Di Sumbar saat ini sudah dicanangkan sebanyak 158 NDK Statistik. Dimulai di Nagari Sungai Duo, Kabupaten Dharmasraya pada 2019 silam.

Tahun ini, menurut Oni, ditargetkan akan dibentuk minimal ada satu nagari/desa atau kelurahan di setiap kecamatan, sehingga total target 179 NDK Statistik.

(mmc)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update