DPD RI Dorong Daerah di Sumut Raih Opini Terbaik dari BPK
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 3 Agustus 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
73.727 13.899 58.286 1.542
sumber: corona.sumbarprov.go.id

DPD RI Dorong Daerah di Sumut Raih Opini Terbaik dari BPK

Selasa, 06 Juli 2021 | 04:00 WIB Last Updated 2021-07-05T21:00:00Z

Komite IV DPD RI mengadakan rapat konsultasi bersama Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Utara, Senin 5 Juli 2021.

Medan, MJNews.ID - Komite IV DPD RI mengadakan rapat konsultasi bersama Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan (BPK-P) Sumatera Utara (Sumut). Dalam rapat itu, daerah-daerah di Sumut di dorong agar mendapatkan opini terbaik dari BPK. Hal ini agar penyaluran dana dari pusat ke daerah dapat berjalan lancar.

"DPD RI memiliki tanggungjawab yang besar untuk mendorong agar hasil pemeriksaan terhadap penggunaan APBN oleh kepala daerah ini memperoleh opini audit terbaik, karena hal ini akan mempengaruhi transfer dana dari pusat ke daerah," kata Ketua Komite IV DPD RI, Sukiryanto, di Medan, Senin 5 Juli 2021. 

Sukiryanto menyebutkan, untuk mendorong hal ini, pihaknya melakukan kunjungan kerja ke BPK-P Sumut. Hasil kunjungan kerja ini akan menjadi bahan untuk menyusun pertimbangan DPD RI terhadap hasil pemeriksaan BPK RI. 

Sukiryanto kemudian menjelaskan beberapa hal terkait tujuan kedatangan mereka ke BPK-P Sumut ini. Salah satunya adalah mendapatkan penjelasan tentang temuan oleh BPK.

"Mendapatkan informasi dan penjelasan secara langsung tentang temuan-temuan BPK yang dimuat dalam Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2020, baik yang sudah maupun yang belum ditindaklanjuti oleh entitas terperiksa. Yang perlu mendapat perhatian anggota Komite IV DPD RI sebagai dasar untuk dibahas dan ditindaklanjuti," tutur Sukiryanto.

Selain itu, DPD ke BPK-P Sumut, juga diharapkan mendapatkan masukan mengenai kendala dan usulan dalam pelaksanaan tindak lanjut temuan-temuan  BPK. Termasuk juga masukan yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas pengelolaan keuangan negara.

Kemudian memperoleh informasi tentang hasil pemeriksaan BPK RI Semester II Tahun 2020 terkait dengan penanganan pandemi COVID-19 di daerah dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di daerah," ujar Sukiryanto. 

"Memperoleh informasi tentang hasil pemeriksaan BPK RI Semester II Tahun 2020 terkait dengan Hasil pemeriksaan terhadap Pemerintah Daerah dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Pemeriksaan kinerja tematik atas efektivitas pengelolaan bank pada BPD Tahun Buku 2018 sampai dengan Triwulan III Tahun 2020," jelasnya.

Sukiryanto mengatakan hasil pertemuan ini akan menjadi bahan masukan bagi Komite IV DPD RI dalam penyusunan Hasil Pertimbangan DPD RI terhadap Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK Semester II Tahun 2020. 

"Dan sebagai bahan masukan dalam penyusunan Pertimbangan DPD RI terhadap RUU APBN mendatang," tandasnya.

(rls dpd)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update