Dukung Vaksinasi Covid-19, Kanwil Kemenag Sumbar Kerahkan Ribuan Penyuluh
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 3 Agustus 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
73.727 13.899 58.286 1.542
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Dukung Vaksinasi Covid-19, Kanwil Kemenag Sumbar Kerahkan Ribuan Penyuluh

Kamis, 01 Juli 2021 | 09:00 WIB Last Updated 2021-07-01T02:00:00Z

H. Irwan.

Padang, MJNews.ID - Komitmen Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dalam memerangi Covid-19 yang masih mewabah dan kian meningkat, kembali terlihat pada kegiatan Dukungan Penyuluh Agama Islam dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang digagas Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat secara daring, Selasa 29 Juni 2021.


Sebagai bentuk sinergitas dan upaya bersama dalam menekan laju penyebaran virus tersebut, Kanwil Kemenag Sumbar melalui Bidang Penerangan Agama Islam Zakat Wakaf (Penaiszawa) di bawah koordinir Sub Koordinator (Kasi Penyuluh Agama Islam), H. Thomas Febria mengerahkan seluruh Penyuluh Agama Islam untuk mengikuti kegiatan tersebut yang hanya bisa menampung seratus orang penyuluh dari ribuan armada yang ada.


Seperti yang disampaikan Pelaksana harian Kepala Kanwil Kemenag Sumbar sekaligus menjabat Kabag TU Kanwil Kemenag Sumbar, H. Irwan saat menyampaikan penguatan materi pada kegiatan itu.


“Terimakasih atas suguhan materi terkait Covid-19 dari segi ilmu kesehatannya kepada seratus orang penyuluh kami yang terakomodir pada kegiatan ini. Kami akan jadikan seratus orang peserta hari ini sebagai agen atau ujung tombak dalam memberikan dukungan terhadap pelaksanaan vaksinasi ke tengah-tengah masyarakat,” ujar Irwan.


Irwan menyebutkan, Kemenag Sumbar memiliki hampir 2ribuan penyuluh agama islam baik Fungsional maupun non PNS yang tersebar di masing-masing kecamatan/desa di Sumatera Barat yang bisa mempercepat sampainya informasi-informasi dan imbauan dalam merespon vaksinasi yang diberikan pemerintah sehingga target dan tujuan vaksinasi tercapai.


“Sebagaimana Menteri Agama telah mengimbau kami seluruh jajaran Kemenag RI agar menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat baik dalam penerapan prokes maupun pelaksanaan vaksin yang sudah terjamin dan tersertivikasi MUI,” ulasnya.


Irwan mengaku seluruh jajaran Kemenag Sumbar termasuk penyuluh sudah melaksanakan vaksin tahap I dan II.


Irwan juga menjelaskan empat fungsi Penyuluh Agama Islam yaitu fungsi informatif, edukatif, konsultatif dan advokatif yang keseluruhan fungsi tersebut sangat erat kaitannya dengan pengayoman dan perlindungan umat.


Irwan menambahkan dengan modal pengetahuan tambahan dari sisi kesehatan yang diperoleh saat itu bisa menambah amunisi seluruh penyuluh agama dalam melaksanakan fungsinya di tengah-tengah sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang benar terkait vaksinasi Covid-19.


“Logika ilmiah/medis yang dikuatkan dengan dalil-dalil yang ada dalam Alquran sebagai pedoman hidup umat menjadi modal kuat dalam menyukseskan program vaksinasi pemerintah untuk mencegah dan menekan wabah ini,” tambahnya lagi.


Tak lupa, ia menyinggung tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban yang tertuang dalam SE Menag Nomor 15 Tahun 2021.


Sebelum tutup arahannya, Irwan kembali ingatkan seluruh penyuluh agar memahami materi yang telah disampaikan Dinas Kesehatan dan mengaitkan dengan dalil-dalil Alquran yang terkait dengan materi tersebut lalu sampaikan ke masyarakat baik melalui objek binaan rutin yang dimiliki maupun di masjid/mushala saat pelaksanaan wirid.


(hms) 

loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update