Italia Juara EURO 2020 Lewat Drama Adu Penalti
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 3 Agustus 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
73.727 13.899 58.286 1.542
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Italia Juara EURO 2020 Lewat Drama Adu Penalti

Senin, 12 Juli 2021 | 07:02 WIB Last Updated 2021-07-12T00:02:17Z

Italia Juara EURO 2020
Italia Juara EURO 2020. (twitter.com/EURO2020)

MJNews.ID - Italia berhasil menaklukkan Inggris lewat adu penalti dengan skor 3-2 pada final EURO 2020 yang digelar di Wembley Stadium, London, Senin 12 Juli 2021 dini hari WIB.

Big match Italia vs Inggris pada final EURO 2020 tersebut berakhir dengan skor 1-1 di waktu normal. Pertandingan yang dihelat di di Wembley Stadium ini berlanjut ke Extra Time dua kali lima belas menit.

Pertandingan baru dimulai, Inggris langsung memberikan kejutan dengan gol cepatnya di menit awal pertandingan. Luke Shaw mencetak rekor gol tercepat yang pernah ada di final EURO (1 menit, 57 detik).

Berawal dari skema serangan balik, Harry Kane menggiring bola ketengah lapangan dan mengirimkan umpan ke sisi kanan jauh, Trippier menjangkau bola dan mengirimkan umpan ke sudut jauh, Shaw yang tidak terjaga langsung menyambar bola dengan tembakan kaki kirinya dan menjebol gawang Donnarumma. Inggris unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Italia mencoba tampil lebih agresif membangun serangan. Gli Azzurri lebih dominan dengan 59 persen penguasaan bola berbanding 41 persen The Three Lions di empat belas menit pertama .

Pertandingan berjalan alot sepanjang dua puluh lima menit laga berjalan, tidak ada percobaan tembakan dari sisi skuad Roberto Mancini maupun skuad Gareth Southgate.

Menit ke-28, Italia melakukan percobaan tembakan, Lorenzo Insigne menggiring bola ke dekat garis penalti dan melesatkan tembakan, namun masih melebar di sisi kiri gawang.

Tujuh menit kemudian, peluang Gli Azzurri kembali tercipta. Chiesa menggocek bola dari sisi kanan menuju garis penalti dan melesatkan tendangan keras ke sisi kanan gawang, namun masih melebar.

Sejatinya Italia tampil lebih dominan, empat puluh menit berjalan Gli Azzurri menguasai pertandingan dengan penguasaan bola 63 persen berbanding 37 persen Inggris.

Gol Inggris diciptakan oleh Luke Shaw di menit ke-2, sementara gol Italia dilesatkan oleh Leonardo Bonucci di menit ke-67.

Menit ke-45 Veratti mencoba melakukan percobaan tembakan dari tengah garis penalti, namun masih terlalau lemah untuk diamankan Pickford. Tidak ada gol tambahan di sisa waktu babak pertama.

Skor 1-0 untuk keunggulan Inggris atas Italia menjadi hasil babak pertama.

Pertandingan babak kedua dimulai, Italia mendapatkan kesempatan emas pada menit ke-49. Sterling menjatuhkan Insigne di dekat garis penalti, wasit langsung memberikan hadiah tendangan bebas.

Insigne yang tampil sebagai eksekutor langsung melesatkan tembakan ke sisi kanan gawang, namun masih melambung tinggi.

Menit ke-54, Roberto Mancini mencoba melakukan perubahan di lini serang, menarik keluar Insigne dan memasukkan Berardi.

Satu menit berselang, Inggris mendapat peluang lewat tendangan bebas. Luke Shaw mengirim umpan lambung ke tengah kotak penalti, Maguire menjangkau bola dan menanduknya, namun masih melambung tinggi.

Menit ke-61, peluang Italia kembali tercipta. Chiesa menggocek bola didalam kotak penalti dan langsung melesatkan tembakan mendatar ke sisi kanan gawang, akan tetapi Pickford masih mampu menepisnya.

Enam menit berselang, pendukung Italia akhirnya bersorak dengan gol Leonardo Bonucci. Berawal dari tendangan sudut, Berardi mengirim umpan lambung ketengah kotak penalti.

Verratti menanduk bola dan berhasil ditepis Pickfordsehingga bola mengenai tiang gawang. Bonucci bergerak cepat menjangkau bola rebound dan melesatkan tembakan. Skor 1-1.

Menit ke-71, Gareth Southgate menarik keluar Trippier dan memasukkan Bukayo Saka. Dua menit berselang Declan Rice ditarik keluar kemudian digantikan oleh Jordan Henderson.

Menit ke83, peluang berbahaya Inggris tercipta, Luke Shaw berhasil menggiring bola ke sisi kiri pertahanan dan langsung mengirim impan tarik ketengah kotak penalti. Akan tetapi bola tidak berhasil dijangkau Kane dan Sterling.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga waktu normal selesai. Pertandingan dilanjutkan ke babak pertambahan waktu dua kali lima belas menit.

Pertandingan Extra Time dimulai, Inggris langsung menciptakan peluang berbahaya di menit ke-95. Sterling berhasil menjangkau umpan terobosan dari tengah lapangan ke sisi kiri, menggiring bola ke kotak penalti dan melesatkan tembakan, namun masih membentur pemain bertahan Gli Azzurri.

Menit ke-99, Gareth Southgate melakukan perubahan di lini serang dengan menarik keluar Mason Mount dan memasukk Jack Grealish.

Italia menciptakan peluang berbahaya di menit ke-103, Lorenzo Insigne mengirim umpan tarik kearah kotak penalti. Pickford menyambar bola dan menghasilkan bola rebound yang langsung disambar Berardi, namun sayang tembakannya masih melebar ke sisi kiri gawang.

Tidak ada gol di sisa waktu satu kali lima belas menit Extra Time.

Pertandingan kembali dimulai, Gli Azzurri langsung mendapatkan peluang emas. Federico Bernardeschi melesatkan tembakan kearah gawang, namun Pickford mengamankan percobaan tersebut.

Tempo permainan semakin tinggi, kedua tim terus berusaha membangun serangan untuk mencetak gol pembeda. Akan tetapi hingga waktu habis, tidak ada gol tercipta.

Skor 1-1 bertahan, pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti.

Jordan Pickford berhasil menepis tembakan Andrea Belotti dan Jorginho, sementara Donnarumma berhasil menepis tembakan Jadon Sancho dan Bukayo Saka, akan tetapi tembakan Marcus Rasford membentur tiang gawang. Skor penalti 3-2 untuk keunggulan Italia.

Berkat hasil ini, Italia berhasil menyabet gelar Juara EURO 2020, gelar kedua bagi Gli Azzurri setelah juara EURO pada tahun 1968.

(***)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update