Jabatan Kepala MIM Tamiang Ujuang Gadiang Diserahterimakan
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 3 Agustus 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
73.727 13.899 58.286 1.542
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Jabatan Kepala MIM Tamiang Ujuang Gadiang Diserahterimakan

Minggu, 11 Juli 2021 | 17:45 WIB Last Updated 2021-07-11T18:02:43Z

sertijab Kepala MIM Tamiang Ujuang Gading
Prosesi serah terima jabatan (sertijab) Kepala MIM Tamiang Ujuang Gading, dari Aswar ke Usman. (ist)

Pasbar, MJNews.ID - Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Tamiang Ujuang Gadiang, kini memiliki murid ribuan orang. Agaknya, inilah lembaga pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) dengan jumlah anak didik terbanyak di Pasaman Barat. 

Pengembangan madrasah ini mencapai puncaknya di bawah kepemimpinan Kepala Madrasah Aswar. 

Dia memimpin beberapa tahun. Kini, seiring dengan telah tibanya masa purna tugas, jabatan kepala madrasah pun berganti dan secara konstitusi yang berlaku di Muhammadiyah, kepemimpinan Aswar akan dilanjutkan oleh Usman.

Prosesi serah terima jabatan (sertijab) berlangsung pekan kemarin yang dipusatkan di Gedung MIM Tamiang, Jln. Saroha Ujuang Gadiang, dihadiri segenap jajaran terkait, termasuk majlis guru, Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA), Pimpinan Cabang Muhammadyah (PCM) Tamiang, dan Pimpinan Daerah Muhamnadiyah (PDM) Pasbar.

Ketua PDM Thamrin KN didampingi Sekretaris Mizlan, Minggu (11/7) kepada Singgalang mengatakan, saat ini MIM Tamiang memiliki murid sebanyak 1,020 orang, Hampir dapat dipastikan, sebut keduanya, madrasah ini masuk kelompok lembaga pendidikan setingkat Sekolah Dasar dengan jumlah murid terbanyak di Sumbar.

Thamrin mengatakan, MIM Tamiang adalah Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) unggulan di Pasbar. Madrasah ini, ujarnya, telah mendapat kepercayaan yang baik dari masyarakat, sehingga para orang tua tidak ragu lagi menitipkan putra putri mereka untuk belajar di madrasah kebanggaan masyarakat Kecamatan Lembah Malintang tersebut.

Data terakhir yang kami peroleh dari Staf Tata Usaha Madrasah Nusyirwan, imbuhnya, pada tahun pelajaran 2021/2022 ini total murid tercatat 1.020 orang. 

Angka itu, menurutnya, berkemungkinan termasuk terbesar di Sumbar, dan hampir dapat dipastikan menjadi SD/MI dengan jumlah murid terbanyak di Pasbar.

Selain diminati, ujar Thamrin dan Mizlan, MIM Tamiang juga berprestasi tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. Pada tahun 2015 lalu, sebutnya, madrasah ini berhasil meraih Pertingkat I pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Sumbar, dan Peringkat II Tingkat Nasional.

Terkait dengan sertijab kepala madrasah, Irham dari PCM Tamiang mengatakan, pergantian kepemimpinan di lingkungan amal usaha Muhammadiyah adalah hal biasa. Namun pihaknya mengaku berat melepas Aswar, karena beliau telah menorehkan jasa besar dan prestasi terbaik dalam memajukan MIM Tamiang.

"Kita berat dan sedih melepas Aswar. Beliau telah banyak berjasa di madrasah ini. Namun karena usia dan regulasi, serta proses kaderisasi di lingkungan persyarikatan, maka dengan ikhlas kita lepas beliau untuk purnatugas, dan mengucapkan selamat menunaikan amanah baru kepada Usman," sebutnya.

Sementara itu, Aswar menyebut, dirinya berterima kasih kepada Persyarikatan Muhammadiyah, karena telah memberi ama nah kepadanya untuk memimpin MIM Tamiang bertahun-tahun, diawali dari kondisi bangunan madrasah yang memprihatinkan dengan murid sedikit, sampai kini memiliki sarana belajar representatif dan murid yang melebihi angka seribu orang.

Sebagai simbol ucapan terima kasih, pada kesempatan itu Ketua PDA Pasbar Hj. Aida Eliza memberikan piagam penghargaan kepada Aswar, serta mendoakan semoga amal yang dilakukannya dalam memajukan madrasah diterima Allah SWT.

(mus)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update