Kelompok Tani Pesisir Selatan Dapat Program Kebun Bibit Rakyat
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 4 Agustus 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
74.669 14.169 58.947 1.558
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Kelompok Tani Pesisir Selatan Dapat Program Kebun Bibit Rakyat

Senin, 05 Juli 2021 | 16:25 WIB Last Updated 2021-07-05T11:26:57Z

Kelompok Tani Pesisir Selatan Dapat Program Kebun Bibit Rakyat.

Pesisir Selatan, MJNews.ID - Sebanyak 4 kelompok tani (Keltan) di Kabupaten Pesisir Selatan mendapat bantuan program Kebun Bibit Rakyat (KBR) dengan nilai bantuan masing-masing kelompok Rp 100.000.000.

"Di mana salah satu Keltan penerima bantuan KBR itu adalah Kelompok Tani Tanjung Kandis Indah yang beralamat di Nagari Taluak Tigo Sakato, Kecamatan Batang Kapas," kata Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Feby Rifli, Senin 5 Juli 2021.

Feby lebih lanjut menjelaskan, Kebun Bibit Rakyat tersebut adalah suatu program yang bertujuan untuk melakukan pembibitan tanaman kayu-kayuan dan buah-buahan di lahan anggota kelompok. 

Disebutkan, setelah pembibitan kemudian dilakukan penanaman di lahan yang dimiliki oleh anggota kelompok tani. Program ini berada di BPDASHL Agam Kuantan di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

"Berdasarkan aspirasi dari masyarakat yang disampaikan kepada kami dan diteruskan kepada Anggota Komisi IV DPR RI, H. Hermanto, tahun ini di kabupaten Pesisir Selatan ada 4 kelompok tani sebagai penerima bantuan KBR dengan nilai bantuan masing-masing Rp. 100.000.000," ungkapnya. 

Selaku anggota DPRD, pihaknya telah melakukan kunjungan ke lokasi pembibitan KBR tersebut untuk melihat proses pengerjaan pembibitan yang dilakukan oleh anggota kelompok dan di bantu oleh masyarakat. 

"Saat kunjungan ke lokasi pembibitan KBR tersebut kami didampingi, Eko Kurniawan, Staf Ahli Anggota DPR RI, Hermanto, Syawaluddin, Sekcam Batang Kapas dan Jafri Datuak Gamuyang, tokoh masyarakat," sebutnya.

Dikatakan, adapun jumlah bibit yang diproduksi sebanyak 30.000 batang terdiri dari bibit durian, jengkol, petai, pinang, alpukat, bayur dan cengkeh yang nantinya akan ditanam di lahan milik anggota kelompok dengan luas sekitar 20 hektare.

"Dengan program KBR ini diharapkan akan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat serta kawasan hutan bisa terjaga kelestariannya. Semoga program ini bisa berjalan dengan aman dan lancar," harapya. 

Sementara itu, Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, Nuzirwan menyampaikan terima kasih kepada Anggota DPR RI, Dr.Hermanto yang telah mengupayakan program KBR untuk kelompok tanah di daerah ini. 

Kemudian apresiasi kepada Anggota DPRD Pesisir Selatan, Feby Rifli yang menyampaikan aspirasi masyarakat kepada Anggota DPR RI, Dr.Hermanto untuk mendapatkan program KBR.

"KBR merupakan langkah tepat untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. Karena, melalui program itu dilakukan pembibitan tanaman produktif yang bernilai ekonomis seperti tanaman durian, jengkol, petai, pinang, alpukat, bayur dan cengkeh," sebutnya.

(myd)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense



×
Berita Terbaru Update