Lomba Ayam Kukuak Balenggek di Piala Kapolda Sumbar
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 3 Agustus 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
73.727 13.899 58.286 1.542
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Lomba Ayam Kukuak Balenggek di Piala Kapolda Sumbar

Minggu, 04 Juli 2021 | 19:00 WIB Last Updated 2021-07-04T13:23:54Z

Kapolda Sumbar memperhatikan ayam yang ikut lomba kukuak balenggek. (tribrata)

SOLOK, MJNews.ID - Kabupaten Solok, Sumatera Barat memiliki ayam yang punya suara khas. Namanya, ayam kukuak balenggek (ayam yang punya kemampuan berkokok bertingkat). Pada Minggu 4 Juli 2021, ayam itu dilombakan. Peserta yang ikut ambil mencapai ratusan.

Lomba diadakan di areal PT Sirukam Lumbung Nagari. Lomba ayam kukuak balenggek memperebutkan Piala Kapolda Sumbar. Kegiatan ini masih dalam suasana peringatan Hari Bhayangkara ke-75 di Jorong Kubang Nan Duo, Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok.

Perhelatan ini diselenggarakan Asosiasi Pecinta Ayam Kukuak Balenggek (APAKB) bersama Polda Sumbar yang diketuai Nardi Sumadi, Sekretaris Azrin Kifli Untung dan Pembina APAKB Boy Muftialdi.

Lomba ayam kukuak balenggek ini dibuka Wakil Bupati Jon F Pandu dan dihadiri Kapolda Irjen Toni Harmanto, Wakapolda Brigjen Edi Mardianto, pejabat polda, Kapolres AKBP Azhar Nugroho, Dandim 0309 Letkol Arm Reno Triambodo, Direktur PT Sirukam Lumbung Nagari Boy Ivan Muftialdi dan lainnya.

Jenis kelas yang dilombakan ada tiga variasi, kelas boko (minimal kukuk lima lenggek ke atas), kelas landik (minimal kukuk 3–5 lenggek), kelas jumlah kukuk terbanyak dalam waktu lebih kurang 10 sepuluh menit.

Peserta lomba, berasal dari Komunitas (Grup) Pecinta Ayam kota/kabupaten di Sumatera Barat, dengan jumlah peserta dalam kegiatan lomba AKB ini diperkirakan sebanyak 650 orang, dan mengikutinya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Dengan perlombaan ayam kukuak balenggek ini dapat mempererat tali silaturahmi antar pencinta ayam di Sumatera Barat ini, melestarikan perkembangan ayam kukuak balenggek untuk masa yang akan datang,” kata kapolda yang dikutip dari tribrata.

(***)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update