Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka Masuk Nominasi API 2021
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 4 Agustus 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
74.669 14.169 58.947 1.558
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka Masuk Nominasi API 2021

Jumat, 02 Juli 2021 | 01:25 WIB Last Updated 2021-07-01T19:11:46Z

Launching Agam Menuju API 2021 di Rumah Kelahiran Buya Hamka, Kamis 1 Juli 2021.

AGAM, MJNews.ID - Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) untuk kategori situs peninggalan sejarah terpopuler.

Museum kebanggaan masyarakat Agam itu bakal mewakili Sumatera Barat untuk berlaga dengan 9 situs peninggalan sejarah terpopuler lainnya di Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Agam, Syatria menuturkan, API merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

“Tahun ini API sudah memasuki tahun ke 6. Alhamdulillah Kabupaten Agam dengan Museum Kelahiran Buya Hamka terpilih mewakili Sumatera Barat di ajang ini,” ujarnya, Kamis 1 Juli 2021.

Disampaikan lebih lanjut, Kabupaten Agam pada awalnya menyiapkan 18 lokasi yang bakal diperlombakan. Namun, dari sekian banyak kategori, Kabupaten Agam mendapat kesempatan di kategori situs peninggalan sejarah terpopuler.

“API ini pada dasarnya merupakan salah satu media promosi wisata yang ada di Indonesia,” sebut Syatria.

Menurutnya, Museum Kelahiran Buya Hamka sudah cukup dikenal masyarakat luas, baik di tingkat nasional maupun mancanegara. Bahkan, sebelum pandemi Covid-19 mendera, museum ini ramai dikunjungi wisatawan.

“Nama besar Buya Hamka sudah cukup dikenal, sehingga museum ini termasuk yang paling tinggi kunjungannya, terutama dari negeri jiran Malaysia,” ucapnya.

Pihaknya berharap, masyarakat Kabupaten Agam di mana pun berada untuk dapat mendukung Museum Kelahiran Buya Hamka sebagai pemenang di ajang API 2021.

Dikatakan, penilaian API 2021 berlangsung dengan cara Voting. Nominator yang mendapatkan dukungan terbanyak akan dinobatkan sebagai pemenang di tiap kategori.

“Dukungan dapat dilakukan dengan mengetik SMS API (spasi) 12F lalu kirim ke 99386, kirim sebanyak-banyaknya mulai 1 Juli hingga 30 Oktober nanti,” ajaknya.

Ayo Dukung Museum Buya Hamka
Sementara itu, Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Agam untuk mendukung Museum Kelahiran Buya Hamka menjadi pemenang di Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021.

“Ayo dukung Museum Kelahiran Buya Hamka kebanggaan kita ini agar menjadi juara di ajang API 2021,” ujarnya saat launching Agam Menuju API 2021 di Rumah Kelahiran Buya Hamka, Kamis 1 Juli 2021.

Bupati Agam menyebut, Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka memiliki posisi penting dalam perjalanan sejarah Indonesia. Pasalnya, di rumah itu lahir sosok yang sangat berpengaruh, baik di kancah politik, agama, dan sastra.

“Siapa yang tidak kenal nama besar Buya Hamka, namanya tersohor hingga ke mancanegara, dan di Sungai Batang inilah tokoh itu lahir,” katanya.

Ditambahkannya, Kabupaten Agam dengan Museum Kelahiran Buya Hamka menjadi satu- satunya perwakilan Sumatera Barat di API 2021 untuk kategori situs peninggalan sejarah terpopuler.

“Kenapa museum ini terpilih karena sejarahnya dan ketokohan Buya Hamka yang telah melegenda. Untuk itu mari kita dukung dengan cara kirim SMS ketik API (spasi) 12F kirim ke 99386,” ajak bupati.

Sementara itu, Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Moch Abdi menyatakan kesiapan mendampingi Kabupaten Agam melaju di API 2021.

“Kami dari UMSB selama empat bulan kedepan akan mendukung Kabupaten Agam untuk menjuarai ajang ini,” sebutnya.

Tidak hanya mendampingi di ajang API 2021 saja, tukasnya, UMSB untuk beberapa waktu kedepan juga akan fokus mendampingi Kabupaten Agam dalam pengembangan wisata.

(emg)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense



×
Berita Terbaru Update