Musrenbang RPJMD Kabupaten Solok 2021-2026 Dimulai
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 3 Agustus 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
73.727 13.899 58.286 1.542
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Musrenbang RPJMD Kabupaten Solok 2021-2026 Dimulai

Selasa, 13 Juli 2021 | 15:25 WIB Last Updated 2021-07-13T13:20:13Z

Musrenbang RPJMD Kabupaten Solok Tahun 2021-2026 Dimulai
Musrenbang RPJMD Kabupaten Solok Tahun 2021-2026 Dimulai.

Arosuka, MJNews.ID - Bupati Solok, Epyardi Asda, M.Mar membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026 di ruang Solok Nan Indah, Selasa 13 Juli 2021.

Turut menghadiri acara Plh. Sekretaris Daerah Edisar SH, M.Hum, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Ivoni Munir beserta anggota DPRD, Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok, Kepala BPS Kabupaten Solok, Forkopimda, Bundo Kanduang, dan Wali Nagari se-Kabupaten Solok. Selain itu juga dihadiri secara virtual oleh tenaga ahli RPJMD, Prof. Dr. H Werry Darta Taifur, SE, MA, Prof. Dr. Eng Fauzan, ST, M.Sc.Eng, dan Prof. Dr. dr. Rizanda Machmud, M.Kes.

Dalam laporannya Sekretaris Barenlitbang Desmalia R menyampaikan maksud dan tujuan RPJMD Kabupaten Solok Tahun 2021-2026 adalah untuk memperoleh masukan dan penyempurnaan terhadap rancangan awal RPJMD, yang dimaksud dalam Permendagri Nomor 86 tahun 2017, dimulai sejak kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih dilantik.

“Persiapan penyusunan RPJMD ini merupakan tahapan penyusunan rancangan teknokratik RPJMD yang telah dilaksanakan pada tahun 2020. Penyusunan rancangan awal RPJMD tahap ini, dirumuskan oleh tim penyusun dan tim ahli RPJMD, dan telah dilakukan penyempurnaan terhadap rancangan teknokratik dan penjabaran visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, sampai pada rumusan program pembangunan dan program perangkat daerah,” ujarnya menjelaskan.

Lebih lanjut Ia mengatakan, tahapan konsultasi publik telah dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2021 yang lalu, konsultasi rancangan awal (ranwal) RPJMD dengan Bappeda Provinsi yang telah dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2021. Untuk pembahasan rancangan awal RPJMD dengan DPRD juga telah dilaksanakan pada tanggal 7 s.d 10 Juni 2021.

”Tahapan ini merupakan tahapan penyempurnaan berdasarkan masukan yang tertuang dalam berita acara kesepakatan musrenbang, yang nantinya akan dilanjutkan dengan pembahasan Ranperda RPJMD bersama DPRD. Sebelumnya telah dilakukan harmonisasi pembulatan dan pemantapan Ranperda dan telah dilakukan review oleh APIP Inspektorat. Setelah semua dilakukan penyempurnaan, nantinya akan dilakukan evaluasi oleh Provinsi Sumbar, dan tahapan akhir ditetapkanlah Peraturan Daerah (Perda) RPJMD Kabupaten Solok tahun 2021-2026," katanya.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan, semua unsur yang ada harus terlibat dalam menentukan arah pembangunan Kabupaten Solok lima tahun ke depan, baik tingkat propinsi, kabupaten, kecamatan, nagari sampai ke jorong maupun masyarakat. Karena Bupati sebagai eksekutif, pada prinsipnya hanya menjalankan buah pemikiran yang dihasilkan dari masyarakat.

Bupati juga mengajak semua elemen bekerjasama dan saling bersinergi untuk membangun Kabupaten Solok, tentunya juga dengan DPRD sebagai mitra kerja pemerintah daerah.

“Kepada masyarakat jangan sungkan menyampaikan usulan sesuai dengan kebutuhan. Anggaran nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan rakyat, sesuai dengan visi misi mambangkik batang tarandam, menjadikan Kabupaten Solok menjadi kabupaten terbaik di Sumatera Barat,” ungkap Bupati.

Ia juga mengatakan, apa yang menjadi keinginan masyarakat Kabupaten Solok, akan menjadi bahan dalam penyusunan dan penyempurnaan RPJMD Kabupaten Solok, sesuai dengan misi I pengelolaan anggaran berbasis masyarakat.

Ia juga menghimbau kepada setiap walinagari, agar dapat mengusulkan kegiatan sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang ada di nagari. Setiap kebijakan yang akan diambil nanti tidak boleh melenceng dari apa yang telah tertuang dalam RPJMD Kabupaten Solok.

“Apa yang tertuang di dalam visi dan misi belumlah sempurna, maka sangat diharapkan masukan kepada tim penyusun dan semua unsur yang ada. RPJMD Kabupaten Solok tidak akan sempurna, tanpa adanya masukan dari semua peserta musrenbang yang hadir,” ujarnya lagi.

Pada hakekatnya yang ingin dicapai adalah peningkatan perekonomian masyarakat. Solok harus bangkit dari keterpurukan yang terjadi selama ini, termasuk di sektor perekonomian. Untuk itu diperlukan usaha yang keras untuk mewujudkan pembangunan yang optimal.

Pada saat yang sama, Bupati juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Solok untuk bisa menfilter berita-berita yang beredar di tengah masyarakat. Apalagi berita yang belum jelas kebenarannya (hoax), selain itu juga dapat mencerna setiap informasi yang diterima, sehingga tidak gampang percaya dan terpengaruh dengan berita yang beredar, dan tidak gampang termakan isu-isu yang tidak benar.

Ia juga berpesan kepada seluruh ASN, untuk dapat meningkatkan komitmen dan kinerja, memberikan layanan yang berkualitas demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Solok.

“Saya meminta doa kepada seluruh masyarakat Kabupaten Solok agar semua elemen yang ada, selalu kompak dalam membangun Kabupaten Solok yang kita cintai ini” ujarnya menambahkan.

Di akhir sambutannya, Bupati tak lupa mengingatkan untuk senantiasa disiplin mematuhi protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

(zal)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update