Pelaku UMKM Harus Tetap Semangat dan Tidak Boleh Putus Asa
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 3 Agustus 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
73.727 13.899 58.286 1.542
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pelaku UMKM Harus Tetap Semangat dan Tidak Boleh Putus Asa

Jumat, 02 Juli 2021 | 10:12 WIB Last Updated 2021-07-02T07:14:01Z

Ketua Dekranasda Kabupaten Tanah Datar, Ny. Lise Eka Putra ketika berkunjung ke Dekranasda Provinsi Riau, Kamis 1 Juli 2021. (humas)

Pekanbaru, MJNews.ID - Pelaku usaha sektor UMKM harus tetap semangat dan tidak boleh berputus asa menyikapi kondisi ekonomi yang menurun dampak pandemi Covid-19.

Hal ini disebutkan Ketua Dekranasda Kabupaten Tanah Datar, Ny. Lise Eka Putra ketika berkunjung ke Dekranasda Provinsi Riau, Kamis 1 Juli 2021.

Dikatakan Ny. Lise Eka Putra, di masa pandemi saat ini, memang berbagai aktifitas masyarakat banyak terganggu begitu juga dengan UMKM dan usaha lainnya, namun kita tidak semestinya berputus asa terus berusaha dan bersemangat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Tidak hanya di provinsi Riau di Sumatera Barat pun sama kondisinya bagaimana UMKM seperti usaha tenun songket, batik yang mana di Tanah Datar juga ada usaha membatik yaitu batik tanah liek juga mengalami kondisi serupa, rendahnya daya beli masyarakat, jika ada yang membeli itu hanya pesanan, kalau tidak ada yang memesan para pekerja tidak akan bekerja”, jelasnya.

Ny. Lise menyebut di Kabupaten Tanah Datar banyak juga terdapat UMKM yang bergerak di bidang tenun songket dan membatik dengan motif-motif kuno yang kembali diangkat dengan tujuan melestarikan kebudayaan yang berasal dari turun-temurun.

“Di Tanah Datar juga terdapat pusat pelatihan tenun (sentra tenun) guna terus melestarikan tradisi menenun ini yang sudah ratusan tahun lahir di tengah-tengah masyarakat Tanah Datar Luhak Nan Tuo. Untuk itu kami mengundang Dekranas Provinsi berkunjung ke tempat kami, agar bisa juga menyaksikan langsung, bertukar informasi dan pengalaman dengan pengrajin yang kita bina serta melihat peluang kerjasama,” ujarnya yang dikutip dari laman pemkab.

Pengurus Dekranasda Provinsi Riau, Leni Marlina mengatakan, di Provinsi Riau kegiatan Dekranasda ini juga baru kembali digiatkan yang sebelumnya sempat fakum ditambah lagi di masa pandemi covid-19 dan ini atas inisiasi ketua Dekranasda Provinsi Riau yang baru.

“Kegiatan Dekranasda Provinsi Riau ini juga baru kembali digiatkan dan itu belum semua kegiatan pembinaan yang dapat dilakukan namun kita berharap ini kembali menggeliat dan tetap berupaya bagaimana kegiatan IKM dan UMKM dapat berkembang,” ucapnya.

Untuk motif batik disampaikan Leni seperti payung sekaki, bunga kincung, bunga teratai, anggrek, jeruju dan motif baru yaitu motif corona.

(hms/ben)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update