Pemandu Wisata Harus Kuasai 8 Kompetensi Dasar Ini
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 30 Juli 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
69.983 12.105 56.404 1.474
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pemandu Wisata Harus Kuasai 8 Kompetensi Dasar Ini

Kamis, 15 Juli 2021 | 13:00 WIB Last Updated 2021-07-15T12:35:54Z

Martias Wanto
Martias Wanto.

Lubuk Basung, MJNews.ID - Pemandu wisata merupakan representasi dari masyarakat. Pasalnya, para pemandu wisata memainkan peran sebagai pengantar informasi kepada wisatawan. Untuk itu, pemandu wisata perlu meningkatkan kapasitas sehingga mampu berkontribusi di sektor kepariwisataan.

Sekretaris Daerah Agam, Drs. Martias Wanto, MM menyampaikan hal itu saat membuka pelatihan pemandu wisata alam yang difasilitasi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam, Selasa 13 Juli 2021.

“Kegiatan memandu merupakan upaya memberikan pelayanan kepada wisatawan. Memandu adalah sebuah keterampilan yang perlu diasah karena akan merepresentasikan kepariwisataan serta masyarakat,” katanya.

Sebagai penyampai informasi kepariwisataan, setidak nya seorang pemandu wisata harus mengusai delapan pengetahuan dasar. Sebab, pemandu wisata akan menjadi gambaran kondisi wisata dan masyarakat setempat.

Pertama, pemandu wisata harus memiliki pengetahuan tentang area wisata. Pemandu wisata yang berpengetahuan luas akan dapat membuat perjalanan wisatawan menjadi lebih berwawasan dan berkesan.

Kedua, seorang pemandu wisata harus mampu mengartikulasikan dan memproyeksikan informasi dengan jelas. Untuk itu pemandu wisata harus menguasai kemampuan komunikasi secara efektif.

“Pemandu wisata harus memiliki empati yang tinggi, karena wisatawan berasal dari berbagai lapisan masyarakat, kelompok umur, budaya, kebangsaan dan latar belakang yang berbeda, bahkan memiliki keterbatasan fisik,” katanya.

Ketiga, berkepribadian kharismatik yang harus dikuasai seorang pemandu wisata.

Keempat, kharisma pemandu merupakan nilai tambah, misalnya pemandu yang ramah serta lucu akan membuat perjalanan wisatawan menjadi lebih menyenangkan.

Kelima, Seorang pemandu wisata juga dituntut mampu berimprovisasi dan beradaptasi dengan situasi, seperti kemampuan beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi.

Keenam, Pemandu wisata harus seseorang yang bersikap sabar serta membangun hubungan melalui komunikasi dan pendekatan yang baik.

Ketujuh, pemandu wisata juga dituntut cakap dan mengetahui sejarah daerah secara alami serta mampu menjelaskan pengetahuan dengan antusias, interaktif dan menarik.

Kedelapan, pemandu wisata harus mampu mengikuti arus, fleksibel terhadap perkembangan situasi dan keinginan wisatawan.

Persyaratan-persyaratan tersebut harus dimiliki seorang pemandu dalam rangka menyokong kepariwisataan di Agam agar dapat berkembang di pasar domestik maupun mancanegara.

“Potensi Agam yang beragam di bidang kepariwisataan harus kita kemas dengan baik. Salah satunya melalui peningkatan kapasitas seorang pemandu sebagai representasi dunia pariwisata sekaligus masyarakat,” katanya.

(emg)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update