Pemko Padang Panjang Kembali Raih Penghargaan Nasional dan Tingkat Provinsi
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 3 Agustus 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
73.727 13.899 58.286 1.542
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pemko Padang Panjang Kembali Raih Penghargaan Nasional dan Tingkat Provinsi

Kamis, 15 Juli 2021 | 15:00 WIB Last Updated 2021-07-15T12:17:32Z

fadly amran
Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano.

Padang Panjang, MJNews.ID - Meskipun masa pandemi masih belum berakhir, Pemerintah Kota Padang Panjang terus memberikan yang terbaik dalam menorehkan berbagai prestasi demi tercapainya pembangunan kota.

Di bulan Juli ini, ada beberapa torehan prestasi diterima oleh Padang Panjang, diantaranya Lomba Gerakan PKK tingkat provinsi, Lomba Jambore Kader PKK tingkat Provinsi, penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan UKM dari kementerian dan Lomba Kelurahan Berprestasi.

lomba Gerakan PKK tingkat provinsi

Rasa bangga tampak saat satu per saru prestasi itu diterima. Seperti saat lomba Gerakan PKK tingkat provinsi untuk kategori kota, Padang Panjang memboyong lima juara diperoleh Kelurahan Pasar Usang yakni Terbaik I Keluarga PKK Gagah Bencana, Terbaik II Tertib Administrasi PKK, Terbaik II Kawasan AKU HATINYA PKK, Terbaik III Kelompok UP2K-PKK, Harapan II Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI). 

Hal itu disampaikan saat pembukaan kegiatan Jambore Kader PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat yang digelar di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman pada Rabu (7/7) lalu.

Lomba Jambore Kader PKK tingkat Provinsi

Tidak tanggung-tanggung, pada saat kegiatan Jambore Kader PKK berahir pada Kamis (8/7) besoknya, para kader PKK dari Padang Panjang kembali memboyong lima juara dari enam kategori yang diperlombakan. Lomba diantaranya itu adalah Juara II Lomba Ekspose Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan, Juara II Pokja 3 Lomba Penyuluhan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, Juara II Pokja 4 Lomba Vlog Penanganan dan Pencegahan Covid-19. Lalu Juara III Pokja 1 Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI) melalui Manjujai, dan Harapan II Lomba Parade dan Yel-yel.

Lomba Jambore Kader PKK tingkat Provinsi

Ketua TP PKK Kota Padang Panjang dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP yang langsung menerima juara tersebut sangat bangga dan bersyukur sekali dengan perolehan prestasi yang diberikan untuk Padang Panjang.

"Tidak tanggung-tanggung kami bisa memboyong sepuluh juara terbaik dalam lomba kali ini, kami sangat bersyukur dan berterimakasih sekali kepada para kader yang telah berusaha memberikan yang terbaik dalam setiap kategori lomba yang diadakan," ujarnya bangga.

Tidak sampai di situ, dalam rangka Peringatan hari Koperasi ke-74, Pemko menerima penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan UKM dari Menteri Koperasi dan UKM secara virtual melalui zoom meeting pada Senin (12/7) lalu. Penghargaan diterima oleh Walikota Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano.

penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan UKM

Dikatakan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, Wali Kota muda ini dinilai sebagai pejabat negara yang berkomitmen dan berperan aktif dalam pengembangan dan pembinaan koperasi dan UKM.

Wako Fadly menyampaikan terima kasih serta apresiasi pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM kepada dirinya. "Hal ini sebagai bentuk konsistensi kita memahami kondisi perekonomian Padang Panjang yang disupport oleh kegiatan-kegiatan usaha kecil dan menengah serta koperasi lewat program dari Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperdakop UKM)," ujar Fadly seraya menyatakan hal ini ini semata-mata untuk memajukan perekonomian Kota Padang Panjang.

Sebagai salah satu fokus pemerintahannya, kata Fadly, adapun program-program yang dijalankan melalui Disperdakop UKM, diantaranya Rumah Wirausaha, Rehab Warung, Koperasi Syariah, dan pelatihan-pelatihan yang kerap diberikan guna mendukung kemajuan UKM agar bisa upgrade.

"Sehingga perekonomian kita bisa terbantu, penekanan angka kemiskinan, angka pengangguran bisa juga terbantu oleh upgrading dari pelaku UKM ini," jelasnya.

Terakhir, mendapat kesempatan dan kepercayaan setelah berkompetisi dengan berbagai kelurahan se-Sumatera Barat (Sumbar), akhirnya Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur ditetapkan sebagai juara 1 Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2021. Yang nantinya akan mewakili Sumbar untuk Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Nasional di regional Sumatera. 

Ganting juara 1 Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2021

Kabar menggembirakan ini diperoleh setelah Surat Keputusan (SK) diserahkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbar, Drs. H. Syafrizal, MM, kepada Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano di Pendopo Rumah Dinas, Selasa 13 Juli 2021 lalu.

Dalam penyampaiannya, Syafrizal berpesan agar SK tersebut dapat diserahkan secara langsung oleh Wako Fadly Amran kepada Lurah Ganting, Januardi, SE, sebagai wujud penghargaan atas capaian yang telah diperoleh kelurahan tersebut. 

“Banyak kelebihan-kelebihan yang dimiliki Ganting, sehingga mengantarkan kelurahan ini menjadi pemenang lomba tingkat Provinsi Sumatera Barat. Untuk itu diharapkan dapat lebih digali lagi potensi dan prestasi-prestasi yang ada agar bisa tampil lebih memuaskan pada tingkat nasional,” sebutnya.

Sementara itu, Wako Fadly sangat mengapresiasi atas capaian prestasi yang diraih Ganting ini. Pihaknya berharap ada kolaborasi dan sinergi dari seluruh pihak untuk meraih keberhasilan di tingkat nasional nanti. 

“Dengan dicapainya prestasi ini, diharapkan seluruh unsur kelurahan dan masyarakat serta stakeholder terkait, bahu-membahu mendukung Ganting dapat meraih prestasi yang lebih baik,” imbaunya.

Sementara itu, sekaitan dengan penerapan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Kelurahan Ganting bertekad meningkatkan kedisiplinan dalam pelaksanaan protokol kesehatan. Dan berpartisipasi aktif dalam menekan angka penyebaran Covid-19. Salah satu langkah yang dilakukan antara lain memanfaatkan rumah isolasi dan meningkatkan pelayanan di rumah isolasi yang telah disediakan tersebut.

(adv/arb)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update