Penerapan PPKM Darurat Diumumkan Presiden Hari Ini
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 30 Juli 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
69.983 12.105 56.404 1.474
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Penerapan PPKM Darurat Diumumkan Presiden Hari Ini

Kamis, 01 Juli 2021 | 06:00 WIB Last Updated 2021-06-30T23:00:00Z

Luhut Binsar Pandjaitan.

Jakarta, MJNews.ID - Presiden Joko Widodo akan mengumumkan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat pada hari ini, Kamis 1 Juli 2021. Pembatasan masyarakat secara maksimal ini guna menekan lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia saat ini.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Kendari, Sulawesi Tenggara dalam Musyawarah Nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia VIII.

“Rencananya kebijakan PPKM darurat akan diumumkan Presiden Jokowi besok (Kamis ini, Redaksi),” ujar Luhut, Rabu 30 Juni 2021.

Luhut menyampaikan, tidak bisa hadir secara langsung dalam acara Munas Kadin tersebut karena sedang melakukan finalisasi kebijakan PPKM darurat. Dia diketahui ditunjuk Jokowi sebagai koordinator kebijakan itu untuk daerah Jawa dan Bali.

“Saya hari ini sedang finalisasi bersamaan dengan menko perekonomian sehingga tak hadir ke munas,” tambahnya dikutip Vivanews.

Lebih lanjut Luhut menjelaskan, PPKM Darurat akan diterapkan mengingat kasus Covid-19 secara harian di Indonesia, rata-rata sudah mencapai di atas 20 ribu. Karena itu, Pemerintah Pusat harus cepat merespons hal ini.

“Di mana jika akan traveling di di dalam negeri, Selain surat antigen dan PCR masyarakat harus menunjukkan sertifikat Vaksin Covid-19,” tegasnya.
 
Diusulkan 3-20 Juli
Penerapan PPKM darurat ini diusulkan berlaku pada 3-20 Juli 2021. Berdasarkan dokumen berjudul ‘Intervensi Pemerintah Dalam Penanganan Covid19’, ada 15 poin aturan yang bakal diterapkan selama PPKM darurat berlaku. 
Pemerintah menargetkan penurunan tambahan kasus Covid-19 selama penerapan PPKM darurat.

“Periode Penerapan PPKM Darurat: 3-20 Juli 2021 dengan target penurunan penambahan kasus konfirmasi harian <10ribu/hari,” demikian bunyi usulan penerapan PPKM darurat, seperti dalam dokumen yang diterima detikcom, Rabu 30 Juni 2021.

Dari 15 poin usulan, salah satunya terkait operasional perkantoran. Di mana selama PPKM darurat berlaku, seluruh kegiatan perkantoran, kecuali yang nonesensial, harus dilakukan dari rumah atau work from home (WFH). 
“100% Work from Home untuk sektor non essential,” begitu bunyi salah satu poinnya.

Tak hanya perkantoran yang terdampak PPKM darurat. Selama PPKM darurat, mal-mal juga harus tutup.

“Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan ditutup,” demikian bunyi poin lainnya.

(***)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update