Pengurus Dekranasda Kabupaten Solok Periode 2021-2024 Dikukuhkan
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 3 Agustus 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
73.727 13.899 58.286 1.542
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pengurus Dekranasda Kabupaten Solok Periode 2021-2024 Dikukuhkan

Kamis, 15 Juli 2021 | 14:00 WIB Last Updated 2021-07-15T12:37:30Z

Pengurus Dekranasda Kabupaten Solok Periode 2021-2024 Dikukuhkan
Pengurus Dekranasda Kabupaten Solok Periode 2021-2024 Dikukuhkan.

Arosuka, MJNews.ID - Bertempat di aula pertemuan Cinangkiak Singkarak, Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Solok periode 2021-2024, resmi dikukuhkan Kamis 15 Juli 2021 pagi.

Pengukuhan pengurus Dekranasda Kabupaten Solok, didasarkan kepada Surat Keputusan Ketua Dekranasda Propinsi Sumatera Barat Nomor : 21/DEKRAN-SUMBAR/SK/V/2021 tentang Pengukuhan Penyempurnaan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Solok Periode 2021-2024, yang ditetapkan di Padang tanggal 31 Mei 2021. 
Berdasarkan SK tersebut di atas, Bupati Solok Epyardi Asda, M. Mar, Wakil Bupati Jon F Pandu, SH beserta Sekretaris Daerah dikukuhkan sebagai Penasehat Dekranasda Kabupaten Solok. Ny. Emiko Epyardi Asda dikukuhkan sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Solok, diikuti oleh Ny. Nia Jon F Pandu sebagai Wakil Ketua, Ketua Harian Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Eva Nasri, Sekretaris Dien Rillawati SE, dan Bendahara Yenti Nova SE, MM.

Pengukuhan ini dihadiri langsung oleh Bupati Solok Epyardi Asda M.Mar selaku Dewan Penasehat, Ny. Harneli Mahyeldi selaku Ketua Dekranasda Propinsi Sumbar yang menyaksikan secara virtual, Ny. Emiko Epyardi Asda, Ny. Nia Jon F Pandu, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian Eva Nasri, Ketua Dharmawanita Kabupaten Solok Ny. Emi Edisar, Camat X Koto Singkarak Sujanto Amrita, Forkompimcam, Walinagari Singkarak, Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Ketua Forum UKM Kabupaten dan Kecamatan beserta jajaran pengurus Dekranasda Kabupaten Solok.

Dalam laporannya, Eva Nasri selaku Ketua Pelaksana Harian menyampaikan, pelaksanaan kegiatan ini adalah berdasarkan Surat Keputusan Ketua Dekranasda Sumbar. Adapun yang menjadi rangkaian kegiatan yang dilaksanakan adalah mengukuhkan kepengurusan Dekranasda Kabupaten Solok periode 2021-2024, Musyawarah Daerah (Musda) Dekranasda dalam rangka menyusun program dan kegiatan Dekranasda, sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan, dan peresmian gedung sekretariat Dekranasda Kabupaten Solok yang berlokasi di Dermaga Singkarak, yang sekaligus akan menjadi gerai UKM.

Ia juga melaporkan kegiatan ini dilaksanakan dengan anggaran Dekranasda Kabupaten Solok Tahun 2021. Ia berharap dengan dikukuhkannya kepengurusan Dekranasda yang baru, dapat meningkatkan peran Dekranasda dalam memajukan kerajinan dan UMKM di Kabupaten Solok. Selain itu juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dalam mambangkik batang tarandam, menjadikan Dekranasda Kabupaten Solok menjadi yang terbaik di Sumbar.

Ny. Harneli Mahyeldi selaku Ketua Dekranasda Propinsi Sumbar dalam arahannya mengharapkan dengan adanya pengukuhan pengurus baru, Dekranasda Kabupaten Solok dapat lebih baik dan lebih maju lagi kedepannya, apalagi tantangan semakin berat di masa pandemi Covid-19.

Ia juga menyampaikan daya beli dan perekonomian saat ini sangat rendah, ini merupakan salah satu permasalahan dan tantangan yang harus dihadapi Dekranasda, oleh karena itu Ia menghimbau agar Dekranasda dapat memberi semangat kepada seluruh pengrajin untuk tetap semangat menghasilkan kerajinannya.

Lebih lanjut Ia juga menyampaikan, Dekranasda harus mengambil peran bagaimana hasil kerajinan para pengrajin dapat dipasarkan baik secara nasional maupun internasional. Dalam hal Dekranasda, Ia berharap Kabupaten Solok juga dapat meraih prestasi di tingkat propinsi bahkan di tingkat nasional.

"Perlu pembinaan oleh Ketua Dekranasda beserta jajaran pengurus kepada pengrajin-pengrajin yang ada di daerah, agar semakin bersemangat berinovasi dalam menghasilkan karya-karya yang bernilai ekonomis, bagaimana memberikan pembinaan, kesempatan dan juga mendata semua pengrajin yang ada, sehingga pengrajin bisa eksis berkembang dan maju di bawah binaan Dekranasda" tuturnya. 
Ia menjelaskan, Dekranasda juga ikut berperan dalam memperluas pasar baik secara offline dan online, untuk memasarkan hasil produksi pengrajin Kabupaten Solok.

Ia juga meminta kepada Bupati selaku penasehat, untuk memberikan dukungan kepada Dekranasda Kabupaten Solok dalam melaksanakan pembinaan kepada seluruh pengrajin yang ada di Kabupaten Solok. 
Di akhir sambutan, Ia memberikan kesempatan kepada Dekranasda Kabupaten Solok untuk mengirimkan foto produk kerajinan unggulan yang ada, untuk dikirimkan ke Dekranasda Propinsi Sumbar paling lambat tanggal 20 Juli 2021, untuk diikutsertakan dalam pameran tingkat nasional.

Ia juga berpesan untuk menyusun program kegiatan sesuai dengan produk unggulan yang ada di Kabupaten Solok, dan disesuaikan dengan AD/ART Dekranasda. "Mudah-Mudahan para pengrajin kita menjadi lebih baik lagi, dan Dekranasda Kabupaten Solok semakin sukses kedepannya" tuturnya mengakhiri.

Ketua Dekranasda Kabupaten Solok Ny. Emiko Epyardi Asda dalam sambutannya menyampaikan Dekranasda merupakan wadah pembinaan produk kerajinan daerah, yang memiliki kemitraan kuat terhadap industri kerajinan sehingga dapat menyumbangkan kontribusi ekonomi yang signifikan.

Lebih lanjut Ny. Emiko menghimbau agar pengurus Dekranasda yang telah dikukuhkan mampu membawa kabupaten Solok lebih dikenal dan mendapat pasar yang baik secara nasional. "Dewan kerajinan nasional daerah Kabupaten Solok berkomitmen untuk mendukung pelaku ekonomi kreatif, serta menguatkan branding mencapai keberhasilan pemasaran kerajinan daerah ke tingkat yang lebih tinggi" paparnya lagi.

Ny. Emiko menghimbau agar para pengrajin-pejuang perekonomian untuk terus berkarya dan berproduksi, untuk dapat meningkatkan perekonomian keluarga dan berkontribusi pada perekonomian daerah (PAD).

"Kualitas dan kreasi produk agar dapat selalu diperhatikan, ditingkatkan, dan dijaga, agar kita dapat bersaing dengan produk berskala nasional. Melalui musyawarah Daerah ini mari bersama kita berkomitmen dan mengambil langkah nyata menjadikan produk perajin kabupaten Solok menjadi tuan rumah di negeri sendiri" tuturnya mengakhiri.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Solok Epyardi asda dalam sambutannya menyatakan akan mendukung penuh seluruh kegiatan Dekranasda Kabupaten Solok yang diketuai oleh Ny. Emiko Epyardi Asda.

"Kerajinan merupakan sebuah pola ekonomi kelas bawah, dan mereka membutuhkan dukungan dan bimbingan. Oleh karena itu pada anggaran perubahan nantinya saya akan sesuaikan peruntukannya berdasarkan kebutuhan rakyat, termasuk meningkatkan UKM dan kerajinan," ungkap Bupati.

Bupati juga merasa sangat senang dan akan memberikan dukungan penuh kepada seluruh pegiat ekonomi kelas bawah. "Saya ingin menorehkan prestasi yang gemilang, kepada pegiat ekonomi mari bersatu dan bersemangat dalam membangkitkan perekonomian di Kabupaten Solok" tuturnya lagi.

Di akhir sambutannya, Bupati secara resmi mengukuhkan Dekranasda Kabupaten Solok periode 2021-2024, sekaligus membuka Musda Dekranasda, dan meresmikan Sekretariat Dekranasda yang berlokasi di Dermaga Danau Singkarak.

(zal)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update