RSUD Dr. M. Zein Painan Segera Tambah Ruang Isolasi Pasien Covid-19
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 4 Agustus 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
74.669 14.169 58.947 1.558
sumber: corona.sumbarprov.go.id

RSUD Dr. M. Zein Painan Segera Tambah Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Senin, 19 Juli 2021 | 15:00 WIB Last Updated 2021-07-19T08:00:00Z

Kodim 0311 mendirikan tenda untuk perawatan pasien Covid-19 di halaman RSUD M. Zein Painan.

Painan, MJNews.ID - Semakin bertambah tingginya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar) membuat RSUD dr. M. Zein Painan tidak memiliki lagi ruang isolasi dan perawatan untuk pasien positif Covid-19.

“Ya, ruang rawatan dan isolasi yang disediakan sebelumnya oleh RSUD M. Zein sudah terisi penuh. Dan kini kita tidak bisa lagi menampung pasien positif baru,” kata Direktur RSUD dr. M. Zain Painan, dr. Sutarman, Jum’at 16 Juli 2021.

Ia menerangkan, ruang rawatan dan isolasi yang disediakan oleh rumah sakit untuk menampung pasien positif hanya ada satu ruangan dengan kapasitas 19 tempat tidur khusus untuk pasien Covid-19.

“Semuanya sudah penuh. Kini kalau ada lagi yang masuk mungkit tidak ada lagi tempat tidurnya,” jelasnya.

Lebih lanjut Sutarman menjelaskan, guna mengantisipasi penuhnya ruang perawatan dan isolasi di rumah sakit M. Zein, pihak rumah sakit akan merencanakan penambah ruangan.

“Kasus positif masih terus bertambah. Untuk solusinya, direncanakan menambah ruangan dengan memanfaatkan ruang VIP yang ada di rumah sakit M. Zein,” katanya.

Sutarman menambahkan, untuk ketersediaan tenaga medis dan Alat Pelindung Diri (APD) dalam pelaksanaan tugas merawat pasien positif, sejauh ini, masih cukup jika seandainya ada penambahan ruang perawatan baru.

“Tenaga kita masih cukup dan APD masih lengkap. Dengan itu, para medis kita tetap harus menjaga protokol kesehatan. Agar tidak terpapar, kalau terpapar nantinya kan susah juga bisa jadi nantinya kita malah kekurangan tenaga medis,” ucap Sutarman.

Lanjutnya, dengan masih tingginya peningkatan kasus positif di Kabupaten Pesisir Selatan, dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, agar tidak terpapar Covid-19.

“Terutama lebih kita ingatkan lagi, untuk orang yang positif yang menjalani isolasi mendiri. Kita harapkan, untuk menjalani isolasi mendiri dengan betul-betul mematuhi protokol kesehatan. Jangan, gegabah dengan masih keluar rumah untuk aktivitas yang dirasa tidak terlalu perlu. Karena, kondisi kita saat ini masih darurat Covid-19,” harap Sutarman.

Seperti diketahui, berdasarkan data terakhir dari catatan data penanganan Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan, angka orang yang terpapar Covid-19 seluruhnya berjumlah 2.222 orang.

Sedangkan yang dinyatakan sembuh totalnya berjumlah sebanyak 1.866 orang, dan kasus meninggal berjumlah 71 orang, dan masih dirawat dan diisolasi ada sebanyak 285 orang.

Kodim 0311 Dirikan Tenda
Sementara itu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr.Muhammad Zein Painan melakukan koordinasi dengan Kodim 0311/Pessel untuk mengantipasi skenario terburuk jika terjadi lonjakan pasien Covid-19.

"Terkait hal itu, anggota Kodim 0311 dengan sigap mendirikan tenda di halaman rumah sakit yang berdekatan dengan instalasi gawat darurat (IGD)," sebut Direktur RSUD dr Muhammad Zein Painan, dr.Sutarman, Jumat (16/7) di Painan.

Sutarman menjelaskan, pemasangan tenda ini merupakan langkah mengantisipasi bila lonjakan pasien Covid 19 tidak tertampung di ruang perawatan isolasi.

"Semoga dengan kedisiplinan dan kesadaran kita bersama menjalankan protokol kesehatan, musibah Pandemi Covid-19 ini dapat segera kita lalui," harapnya.

Selain itu menurutnya, RSUD dr. Muhammad Zein Painan telah melakukan langkah-langkah antisipasi jika beberapa minggu ke depan angka positif pasien Covid-19 meningkat. 

Salah satu langkah yang dilakukan adalah menyiapkan ruangan tambahan sebagai tempat isolasi pasien positif Covid-19 berkapasitas 14 orang.

Sedangkan untuk Rusunawa akan difungsikan secara bertahap mulai dari lantai 1,2 dan 3, sesuai dengan kondisi di lapangan, ungkapnya.

"Karena menyangkut anggaran, maka Rusunawa akan difungsikan secara bertahap jika memang terjadi peningkatan angka positif Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan," sebutnya.

Ia menambahkan, rumah sakit juga akan menambah 18 - 25 tempat tidur lagi. Sedangkan untuk Rusunawa setiap lantainya bisa menampung 30 orang pasien positif Covid-19. 

Sementara untuk stok oksigen sendiri tidak perlu dikhawatirkam karena pihak RSUD dr.Muhammad Zein Painan sudah bisa memproduksi sendiri, sebutnya.

(myd)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense



×
Berita Terbaru Update