SMPN 5 Optimalkan belajar.id dan Spenfive TV, SMPN 4 Manfaatkan Resfour 104,5 FM Saat PPKM
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 30 Juli 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
69.983 12.105 56.404 1.474
sumber: corona.sumbarprov.go.id

SMPN 5 Optimalkan belajar.id dan Spenfive TV, SMPN 4 Manfaatkan Resfour 104,5 FM Saat PPKM

Senin, 12 Juli 2021 | 08:10 WIB Last Updated 2021-07-12T01:17:37Z

Fadly Amran di Radio Resfour 104,5 FM
Walikota Padang Panjang, Fadly Amran di Radio Resfour 104,5 FM. (kominfo)

PADANG PANJANG, MJNews.ID - Saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai 12 Juli sampai 20 Juli mendatang, SMPN 5 tetap berupaya agar proses belajar mengajar (PBM) berjalan dengan baik. Sekolah itu mengoptimalkan akun belajar.id dan Spenfive TV.

Kepala SMPN 5, Ermita, S.Pd, Minggu 11 Juli 2021 menyampaikan, akun belajar.id adalah akun google workspace for education yang di terbitkan Kemendikbud Ristek RI untuk memudahkan pembelajaran dari rumah maupun tatap muka terbatas.

"Kemudian untuk pembelajaran asinkrinus (tidak langsung ) guru memanfaatkan Google Classroom sebagai learning management system (LMS), di mana guru bisa membuat kelas-kelas virtual yang berisi materi pembelajaran, latihan dan tugas," ungkapnya. 

Dengan kelas virtual, jelas Ermita, siswa mudah untuk mengakses materi serta mengerjakan latihan dan tugas. Tidak hanya itu, dengan berbagai aplikasi kuis/latihan seperti Google Form/Quizizz dan Kahoot, memudahkan guru untuk otomatisasi penilaian dan meningkatkan gairah siswa dalam belajar.

"Supaya lebih maksimal pembelajaran daring yang menarik, SMPN 5 Padang Panjang juga memanfaatkan Spenfive TV untuk memfasilitasi guru-guru mengajar secara daring dan real time dalam acara live streaming di channel Spenfive TV. Sehingga siswa bisa mengikuti pembelajaran dari mana saja dan kapan saja," lanjutnya.

Sementara itu, tambahnya, bagi yang sama sekali tidak memiliki smartphone dan fasilitas internet, maka orang tua bisa menjemput materi pembelajaran ke sekolah dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

SMPN 4 Manfaatkan Resfour 104,5 FM
SMPN 4 manfaatkan radio sekolah “Resfour 104,5 FM” sebagai sarana pembelajaran.

Kepala SMPN 4, Leli Suarni, M.Pd menjelaskan, pemanfaatan radio di frekuensi 104,5 FM itu, digunakan untuk proses pembelajaran bagi siswa baru kelas VII agar bisa tetap melakukan pembelajaran jarak jauh.

“Pemanfaatan Radio Resfour 104,5 FM masih untuk siswa kelas VII. Sedangkan untuk kelas VIII dan IX proses belajar mengajar (PBM) selama PPKM dilakukan secara daring (dalam jaringan) via Whatsapp, video pembelajaran, dan zoom meeting,” sebutnya.

Mempermudah siswa dalam menerima informasi pembelajaran tanpa harus mengunakan HP dan menghabiskan paket data, Leli mengatakan, proses pembelajaran melalui Radio Resfour akan dimulai Senin 12 Juli 2021 hari ini, dengan materi pembelajaran diisi langsung oleh masing-masing guru mata pelajaran.

Dikatakannya lagi, selain pembelajaran melalui Radio Resfour, whatsapp, dan zoom meeting. Siswa juga bisa mendapatkan materi pembelajaran melalui Live Streaming dengan link https://bit.ly/Resfour104,5FM dan FaceBook Spenfour https://www.facebook.com/spenfour.spenfour.18 .

“Sebagai bukti siswa mengikuti pembelajaran, maka siswa diharuskan memakai pakaian sekolah selama mengikuti pembelajaran, dan mengambil foto selfie sedang mengikuti pembelajaran, kemudian memposting di Facebook masing-masing dan tag/bagikan ke Facebook Spenfour,” jelasnya.

Demi kelancaran PBM, pihaknya melalui Wakil Kurikulum Yessi Novita, S.Pd dan Humas Resfour, Mr. Anoto Koto sudah menyusun jadwal belajar bagi siswa kelas VII di Radio Resfour. Dia berharap selama PPKM, siswa tetap bisa menerima pembelajaran dengan baik walupun secara during dan luring.

“Saya mengharapkan kepada guru untuk berinovasi dalam pembelajaran. Jadi guru harus kreatif dengan cara during dan luring memberikan materi kepada siswa,” tambahnya.

(ndy)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update